Powered by Blogger.

29 May 2016

Tag:

Pesta Budaya Mejuah-juah Tahun 2016 - [ Mejuah - Juah For Sinabung ]

Pesta Mejuah - Juah
Ribuan masyarakat menghadiri pembukaan Pesta Budaya Mejuah-juah Tahun 2016, di Taman Mejuah-juah Berastagi, Sabtu (28/5). Perayaan Pesta mejuah-juah diawali dengan Pawai Kontingen dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karo dan perwakilan SMP dan SMA Negeri/swasta Kecamatan Berastagi. Peserta pawai disambut Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provsu Drs Elisa Marbun mewakiili Gubernur Sumatera Utara, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, Perwakilan Pangdam I/BB Kol Kav Halilintar Sembiring, Kapolres Tanah Karo AKBP Pangasian Sitio, Dandim 0205/TK Letkol Agustatius Sitepu, Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Sekdakab Karo dr. Saberina, MARS, Anggota DPRD Kabupaten Karo.

Kegiatan pesta budaya mejuah-juah dilaksanakan sebagai wujud kedepulian atas situasi bencama erupsi gunung sinabung, sehingga panitia mengemas sebuah penampilan budaya-budaya “Mejuah-juah for Sinabung” dengan aksi penggelaran opera/pentas seni anak-anak pengungsi sinabung.Tema pelaksanaan kegiatan ini adalah “dengan pesta budaya mejuah-juah ini kita lestarikan budaya karo dalam rangkat meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke kabupaten karo” dengan sub tema “Mejuah-Juah for Sinabung” yang bertujuan membina, melestarikan dan mengembangkan budaya karo, meningkatkan arus kunjungan wisata, meningkatkan daya tarik destinasi wisata, memberikan rasa nyaman dan aman bagi wisatawan,  dan menumbuhkan kepedulian terhadap musibah bencana erupsi gunung sinabung, ujar ketua panitia Drs. Suang Karo-Karo dalam laporannya.

Bupati Karo Terkelin Berahmana, SH dalam sambuatannya menyampaikan bahwa event pesta budaya mejuah-juah merupakan salah satu sarana pelestarian budaya karo yang merupakan kearifan local sekaligus sebagai asset budaya bangsa. Event ini juga sebagai wijud kepedulian pemeritah kabupaten karo terhadap erupsi gunung sinabung yang dikemas dalam kegiatan budaya dengan penuh pengharapan dan doa agar erupsi sinabung berhenti, sehingga masyarakat karo dalam keadaan Mejuah-juah.Kebudayaan Karo menarik bagi wisatawan karena memiliki karateristik tersendiri, unik dan berbeda dengan budaya suku lain di Indonesia, sehingga diharapkan melalui pelaksanaan event budaya ini meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke Kabupaten Karo yang merupakan salah satu daerah tujuan wisata utama di Sumatera Utara.

Gubernur Sumatera Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si yang dalam kesempatan ini diwakili Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Elisa Marbun menyampaikan melalui kegiatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat baik dari sisi ekonomi maupun pelestarian budaya agar tidak tergerus oleh arus globalisasi. Dalam kesempatan ini Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya warga desa gamber yang terkena awan panas beberapa waktu yang lalu, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan turut prihatin kepada korban yang masih di rawat di rumah sakit agar secepatnya diberi kesembuhan. 

Harapan kita dengan menggalakkan pesta budaya ini dapat menjadi pesta budaya skala Internasional sehingga segala fasilitas pariwisata ini dapat bermanfaat bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Karo. Kegiatan pesta budaya mejuah-juah dii kabupaten karo semakin melestarikan niali-nilai seni, bahasa, dan adat istiadat.
Kegiatan budaya seperti ini harus terus dipromosikan melalui media cetak maupun elektronik sehingga semakin di kenal oleh wisatawan nusantara dan mancanegara dan akhirnya dana dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat tersalur untuk membuat acara lebih besar lagi, tambah marbun.

Usai memberikan sambutan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provsu Drs Elisa Marbun mewakiili Gubernur Sumatera Utara membuka pelaksanaan pesta budaya mejuah-juah secara resmi ditandai dengan pemukalan gong yang disaksikan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, Perwakilan Pangdam I/BB Kol Kav Halilintar Sembiring, Kapolres Tanah Karo AKBP Pangasian Sitio, Dandim 0205/TK Letkol Agustatius Sitepu, Ketua Geopark Kaldera Toba Alimin Ginting, Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Sekdakab Karo dr. Saberina, MARS, Anggota DPRD Kabupaten Karo, Mantan Bupati Karo DD Sinulinga, Ketua Moderamen GBKP Pdt. Agustinus Purba, Bupati Deliserdang yang diwakili Kepala Dinas Kominfo, Perwakilan Bupati Simalungun, Dairi, dan Serdang Bedagai, Tokoh Agama, Tokoh Mayarakat, BUMN/BUMD, Tokoh Adat dan Budaya dan ribuan masyarakat Karo.

About willem andrea

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.