TNI Angkatan Laut Yan Ahmandi Sembiring, Mendapat Penghargaan Karena Menangkap Buronan Interpol



Riong Medan News - Personel TNI Angkatan Laut berparas ganteng, Kapten Laut (P) Yan Ahmadi Sembiring bersama Personel Kal Viper-820 yang berjumlah 18 orang prajurit mendapat penghargaan dari Pangarmabar Laksamana Muda TNI  A.Taufiq R pada Kamis 12 Mei 2016 di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Lantamal I), Medan Sumatera Utara.

Penghargaan tersebut diberikan karena seluruh prajurit Kal Viper-820 yang dikomandoi Kapten Yan berhasil mengangkap kapal berbendera Tiongkok Hua Li 8 yang merupakan buronan International Criminal Police Organization (Interpol).

“Pemberian tanda penghargaan pada dasarnya merupakan pengakuan dan penghargaan Pemimpin kepada para Prajurit TNI Angkatan Laut yg telah menunjukkan dedikasi, Kemampuan dan Prestasinya dalam setiap Pelaksanaan tugas,” ujar Laksamana Muda TNI  A.Taufiq R saat memberikan kata sambutan pada acara Apel Khusus memberikan penghargaan tersebut.

Dalam Apel Khusus tersebut hadir Danlantamal I Brigjen TNI ( Mar) Widodo dwi Purwanto, Dan Guskamlabar Laksamana Pertama TNI Muhammad Ali dan Para Asisten Pangarmabar. Kapal berbendera Cina, FV Hua Li 8 yang berhasil ditangkap Lantamal I tersebut mengangkut cumi-cumi seberat 102 ton yang siap dijual.

Kapal besi sepanjang 65 meter  tersebut diawaki 29 orang yang merupakan warga Negara Cina dan Indonesia. Para awak kapal ditangkap Lantamal I lantaran masuk dalam daftar buronan Interpol karena melakukan illegal fishing di Negara Argentina.

Setelah kapal tersebut ditangkap kapal Kal Viper Lantamal I di Perairan Provinsi Aceh, Selat Malaka. Petugas langsung menggeledah isi kapal pada Sabtu 23 April 2016 lalu. Komandan kapal Kal Viper, Kapten Laut Yan mengatakan petugas tidak menemukan senjata atau benda berbahaya di dalam kapal.

“Saat menangkap kapal tersebut, kami ada 18 Personel . Enggak ada senjata. Hanya pisau dapur saja,” jelas Kapten Yan saat diwawancarai Janggo Media saat hari pertama penangkapan kapal tersebut. [janggo.media]

Post a Comment

Pages