Powered by Blogger.

13 June 2016

Tag: ,

Damri, Angkutan Umum Siosar - Kabanjahe




Riong Medan News - Pengoperasian angkutan keperintisan Bus Damri trayek Kabanjahe – Siosar resmi diluncurkan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Perum Damri di halaman Kantor Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting Kabanjahe, Senin (16/05/2016). Bantuan dua unit bus angkutan umum ini, diperuntukkan sebagai angkutan pelajar dan masyarakat di Kecamatan Merek dan Kabupaten Karo. Ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah pusat dan provinsi kepada masyarakat Karo khususnya di kawasan relokasi Siosar.

“Terima kasih kepada pemerintah pusat dan Perum Damri atas bantuan bus yang diberikan. Dengan beroperasinya angkutan umum Kabanjahe – Siosar ini, diharapkan dapat bermanfaat sebagai fasilitas transportasi darat dalam rangka percepatan pembangunan atau peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat Siosar,” ujar Terkelin. Ia berharap, bus yang ada tetap dipelihara dan dijaga agar jangan rusak. Sehingga, kata dia, masyarakat tetap bisa menggunakan Bus Damri ini sebagai angkutan.

Direksi Perum Damri Area Manager I Ali Umar mewakili Direktur Utama Perum Damri menyampaikan, bus perintis yang diberikan hari ini dioperasikan oleh Kantor Cabang Perum Damri Medan sesuai dengan amanat UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Angkutan perintis ini merupakan angkutan yang disubsidi oleh Pemerintah melalui APBN. Tujuannya untuk meningkatkan konektifitas dan aksebilitas daerah serta mendukung mobilitas angkutan orang dan barang,” kata Ali Umar.

Dijelaskan, untuk tahun 2016, Kabupaten Karo mendapatkan bus bantuan sebanyak 2 unit bus dengan trayek Kabanjahe – Siosar (PP). Kapasitas 19 seat/tempat duduk, dilengkapi AC dan GPS dengan tarif sebesar Rp 3 ribu per penumpang untuk sekali jalan dengan jarak tempuh kurang lebih 25 kilometer.

Adapun harapan mereka “Semoga tahun depan, bus maupun trayek dapat bertambah baik. Sehingga dapat membantu aktifitas masyarakat baik bekerja, berniaga dan menjalankan pendidikan bagi pelajar. Selain itu, juga dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang berdampak pada pengeluaran biaya yang besar dalam perjalanan serta mengurangi tingkat kecelakaan jalan,” kata dia.

Turut hadir dalam kesempatan ini diantaranya, dari Perum Damri General Manager Yul Maphilindo, Manager Usaha Ruslan dan Manager Keuangan dan SDM Anas.

Sedangkan dari Pemkab dan FKPD Karo diantaranya Dandim 0205/TK Letkol (Inf) Agustatius Sitepu, Wakil Ketua DPRD Karo Inolia br Ginting, perwakilan Kejaksaan Negeri Kabanjahe, Perwakilan Polres Karo, perwakilan Yonif 125/Si’mbisa dan Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Karo.

Usai menggelar peresmian, Bupati Karo Terkelin Berahmana didampingi Direksi Perum Damri Area Manager I Ali Umar, Dandim 0205/TK Letkol (Inf) Agustatius Sitepu, Wakil Ketua DPRD Inolia br Ginting, berkesempatan menaiki Bus Damri dengan rute Kabanjahe – Berastagi dan kembali ke Kabanjahe.

Sementara, terkait bantuan tiga unit bus angkutan perkotaan kepada Pemkab Karo dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI yang diberikan Januari 2016 yang lalu, saat ini sedang dalam proses pengurusan administrasi di pusat. Diharapkan dalam waktu dekat, ketiga bus dapat tiba di Karo.
Dikutip : Sumberberita.com

About willem andrea

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.