Powered by Blogger.

19 June 2016

Tag:

Penemuan Rumah Adat Batak di Dasar Danau Toba


Riong Medan News - Mitos tentang danau toba memang topik yang sangat menarik untuk disimak disamping karna banyak teori yang menyatakan danau toba itu terbentuk karna se ekor ikan mas yang merupakan cerita dongeng dan mitos mitos kecil di balik terjadinya danau toba dan para ilmuwan menyatakan bahwa danau toba itu terjadi akibat ledakan super yang terjadi di gunung toba sekitar 73.000 tahun yang lalu.

Danau Toba yang merupakan salah satu danau terluas didunia ini memang menyimpan banyak mistis dari teori-teori dan kejadian nyata yang tampak kita lihat dalam berbagai acara ritual yang di persembahkan di danau toba, persembahan atau sering di sebut pelean bagi orang batak ini tidak jauh berbeda seperti apa yang dilakukan orang jawa pada umumnya, jika di jawa disebut dengan sesajen maka di orang batak acara ritual ini disebut dengan Pelean. Ritual ini masih sangat melekat dalam kehidupan orang batak, ritual itu sering dilakukan dalam acara-acara keluarga, pesta adat, pesta danau toba dan bahkan ritual juga sering di lakukan untuk menemukan atau meminta sesuatu hal.

Hal ini yang membuat saya tertarik untuk membuat tulisan ini ”Rumah Batak di Dasar Danau Toba” penemuan ini memang belum mendapat fakta apa-apa dan bagaimana kebenarannya , menurut salah seorang tokoh batak yang merupakan Nara sumber dari acara Mitos Danau Toba yang di tayangkan di kompas TV mengatakan: kejadian yang terjadi beberapa tahun yang lalu, kala itu seseorang yang tenggelam di danau toba tidak bisa di temukan hingga beberapa hari, kemudian para tokoh batak membuat sebuah pelean (sesajen) untuk mohon petunjuk atas orang yang tenggelam ini, kemudian benar saja ada petunjuk dan tim SAR yang berusaha mencari si korban tersbut berhasil menemukan korban yang tenggelam di dasar danau toba, tetapi yang mengagetkan korban di temukan didalam pemukiman rumah adat batak yang ada didasar danau toba, yang menurut Tim Sar tersebut Sangat indah dan menarik sekali.

Hingga tulisan ini saya turunkan saya tidak menemukan satupun bukti mengenai Fakta yang di ungkapkan oleh Tim SAR tersebut, bagaimana kebenarannya. Tetapi jika kita mengarah ke kejadian Meletusnya Gunung Toba dan melihat kembali sekitaran danau Toba terutama samosir, hal ini memang cukup kuat untuk di jadikan sebagai bukti, kita melihat dari ketinggian gunung pucuk buhit yang merupakan anak dari gunung toba itu sama sekali masuk logika dan hal ini merupakan sesuatu yang harus di telusuri sebenarnya.

Gunung Toba yang meletus hingga radius sampai ke sri langka ini memang tentu masih menyisahkan bukti-bukti nyata yang perlu di telusuri, dan danau toba merupakan saksi bisu dari kejadian tersebut.
Berbagai kejadian mistis di Di danau toba juga sering terjadi terutama di pulau silalahi yang konon katanya merupakan salah satu pulau yang sangat angker, berbagai kejadian aneh sering terjadi disana, dan kejadian-kejadian lain yang terlihat mistis di danau toba seperti kapal terbalik, tenggelam dan banyak lagi. Tapi kembali kepada diri kita sendiri .

Berbagai macam cerita yang melatar belakangi danau toba ini jelas terbukti bahwa keberadaan danau ini karna ada letusan gunung berapi ratusan tahun yang lalu, dan ini sangat jelas. Dan bagaimana pun juga mitos itu tidak bisa lepas dari logos seperti yang beberapa nara sumber katakan, dan mitos ini diciptakan agar masyarakat sumatra utara, itu bisa menjaga keindahan alam karna keindahan alam ini merupakan warisan budaya yang harus di pertahankan dan di lesatarikan, dan berbagai macam cerita. Sekarang kembali kepada anda ingin mempercayai sebuah mitos atau anda mempercayai fakta-fakta di balik sebuah mitos.
sumber : kevinringo.web.id

About willem andrea

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.