Inilah Lukisan Rumah Adat Karo Yang Paling Mempesona - KARO GAUL

Karo Gokil

Post Top Ad

23 March 2017

Inilah Lukisan Rumah Adat Karo Yang Paling Mempesona


Riong Medan News - Rumah adat merupakan salah satu aset kebudayaan bangsa ini. Setiap daerah memiliki rumah adat dengan ciri khas dan keunikan masing-masing. Namun, sayang semakin hari semakin banyak masyarakat daerah yang meninggalkan rumah adat dan beralih pada rumah biasa. Hanya sebagian daerah, orang, atau suku yang masih bertahan di rumah adat.
Salah satu rumah adat yang menarik ialah rumah adat Karo. Rumah adat ini dikenal juga sebagai rumah adat Siwaluh Jabu. Siwaluh Jabu memiliki pengertian sebuah rumah yang didiami delapan keluarga. Masing-masing keluarga memiliki peran tersendiri di dalam rumah tersebut.
Rumah adat Karo ini berbeda dengan rumah adat suku lainnya dan kekhasan itulah yang mencirikan rumah adat Karo. Bentuknya sangat megah diberi tanduk. Proses pendirian sampai kehidupan dalam rumah adat itu diatur oleh adat Karo, dan karena itulah disebut rumah adat.
Selain itu, keunikan rumah ini ialah tidak adanya sekat yang membatasi setiap ruangan. Akan tetapi, pembagian tersebut menggunakan garis-garis adat yang sangat kuat, meskipun tidak terlihat. Setiap ruangan sudah memiliki nama dan siapa saja yang harus menempati ruangan tersebut.
Penempatan keluarga-keluarga dalam rumah adat  Karo ditentukan oleh adat Karo. Secara garis besar rumah adat ini terdiri atas :
- Jabu jahe (hilir) dan 
- Jabu julu (hulu). 
Jabu jahe juga dibagi menjadi dua bagian, yaitu jabu ujung kayu dan jabu rumah sendipar ujung kayu.
Tetapi, ada kalanya rumah adat  Karo terdiri atas delapan ruang dan dihuni oleh delapan keluarga. Sementara dalam rumah ini hanya ada empat dapur. Masing-masing jabu dibagi dua sehingga terbentuk jabu-jabu sedapuren bena kayu, sedapuren ujung kayu, sedapuren lepar bena kayu, dan jabu sedapuren lepar ujung kayu.
Untuk wisatawan yang penasaran dengan rumah adat ini, bisa berkunjung ke perkampungan adat  Karo. Suku ini dapat dijumpai di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Di tempat ini wisatawan juga bisa melihat kebudayaan Karo lainnya yang tidak kalah menarik.
Selain itu ada 12 tempat wisata di tanah karo yang bisa kamu kunjungi, selengkapnya kamu baca disini : 12 tempat wisata paling mantap di Tanah Karo
*Lukisan gambar @Karo_Siadi
Post a Comment

Post Top Ad