Cerita Singgamanik Kuta KemulihenKu

Sapo te Singa Manik
(Sumber :Indië : geïllustreerd weekblad voor Nederland en koloniën,Volume 1, Number 17, 25 July 1917)

Singgamanik merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Munte, Kabupaten Karo, provinsi Sumatera UtaraIndonesia. Kampung ini (desa Singgamanik) adalah salah satu perkampungan yang berdekatan dengan Sarinembah dan Simpang Munte atau lebih manisnya kedua kampung tersebut adalah tetangga dari Singgamanik.

Adapun kuta Singgamanik ini mulanya ditemukan atau didrikan oleh Marga Sinuraya (simantek kuta), maka dari itu, marga Sinuraya merupakan pendiri asli kampung tersebut. 

Kuta singgamanik ini bisa dikatakan unik karena pada dasarnya memang mempunyai banyak keunikan mulai dari ; Tapin (Tempat mandi), Juma (ladang), Kede kopi dan masih banyak lagi, yang pasti satu persatu keunikan itu akan kita bahas nanti di bagian selanjutnya dari artikel ini.

Selain itu tempat - tempat yang paling ramai di kuta singgamanik ini ada tiga titik, yaitu :
1. Rumah Kuta
2. Simpang (Rumah Kuta)
3. Simpang Kolam

*Berikut ini kita akan uraikan satu persatu hal - hal menarik seputar Kuta Singgamanik mulai dari ; Tapin (tempat mandi) di kampung ini. Adapun tapin yang sangat pupuler menurut penduduk setempat adalah :

1. Pancur besi
---Pancur besi merupakan tempat favorit penduduk setempat untuk mandi setelah mereka pulang dari ladang, air pancur besi ini sangat jernih dan uniknya lagi tanpa dimasak air pancur besi ini bisa langsung di minum. 
Letak/posisi Pancur Besi ini sangat strategis dikarenakan Pancur besi tersebut berada di jalan lintasan antara Batu Karang dan Singgamanik, jadi tidak hanya orang Singgamanik saja yang mandi kesana tetapi orang - orang dari kampung seberangpun kadang sering mandi ke Tapin Pancur Besi ini , contohnya : kampung Batu Karang, Jande Meriah, Payung, kampung ini sering berwisata ria ke Tapin Pancur Besi Ini, ya,,, memang harus kita akui bahwa air Pancur Besi ini sangat Seteril karena TIM PEMERIKSA AIR BERSIH & PDAM juga pernah mengakui keseterilan air tersebut.
 --- Paling uniknya lagi Tapin Pancur Besi ini terletak dibawah/ berdekatan dengan Keburen Sinterem ( Lokasi Pemakaman Setempat), Wow,,, pasti GEREGET KAN.........
--- Yang terakhir, yang paling unik dengan Tapin Pancur Besi ini adalah : berdekatan dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) LAU BIANG ,,,, semua pasti penasaran dengan Lau Biang,. selain itu ada juga Lau Basih, ada juga peninggalan Goa ( nanti kita akan bahas satu persatu).

2. Lau Buah
---Tempat ini terletak di Rumah Kuta dari Singgamanik. Lau buah ini tepatnya berada di sebuah kerangen ( Hutan ) yang sangat rindang yang tidak jauh dari Rumah Kuta berkisar lebih Kurang 200 m, dan tempat ini memiliki keunikan tersendiri, karena ditempat ini ada sebuah batu yang di yakini adalah batu peninggalan leluhur yang sering disebut dengan : Batu Nini,, konon katanya tempat ini dulu tempat keramat, oleh karena itu jika mandi ketempat ini haru santun dan cakapnya harus dijaga,, nanti jadi Batu Lo..... hahahahha 
(tapi ini serius Lo). 

Disampinng itu Lau Buah ini sering dijadikan tempat memancing ikan seperti lele, nila,dll. biasanya kalau pekerjaan ladang sudah beres kebayakan perbapan (Bapak2) sering mancing kesini,.ikannya pun enak karena asli ikan Hutan.

Lain waktu saya lanjutkan lagi nulis artikel ini ya bro,,, heheheh (capek).

Sebenarnya saya pribadi ingin sekali mengajak khusunya anak singgamanik untuk menuliskan pengalaman ( apa - apa saja yang mereka tahu & rasakan tentang Singgamanik) adapun nanti pengalaman itu kita tuangkan kedalam betuk tulisan,. misalnya saja Kegiatan - kegiatan yang dilakukan saat ini, juga nanti kita tuliskan dalam bentuk artikel.

Selain itu kita juga perlu refrensi dari orang tua yang dituakan di Singgamanik untuk menceritakan  kembali bagaimana dulu terbentuknya Singgamanik. 
Sebagai contoh yang bisa kita tanyakan misalanya KESAIN, kesain apa aja sih yang ada di Singgamanik ? dan siapa - siapa saja Anak Berunya?. ( karena dari gabungan kesain-kesain inilah terbentuk sebuah kuta (Desa) ) dan inilah nantinya yang men
dan masih banyak lagi nanti pertanyaan2 yang bisa kita tanyakan.

Maka dari itu nantinya kita bisa MEMETAKAN STRUKTURAL KUTA SINGGAMANIK dengan lebih detail. Untuk lebih jauhnya lagi nanti kita akan membahas seperti :
- Susunan penyelenggara Kutanta 
- Potensi2 pembangunan apa saja yang perlu ditingkatkan di Kutanta
- Organisasi apa saja yang sudah dibentuk di Kutanta
- Batas - batas Kutanta
- Keuangen Desa
- dll

Selain itu kita juga bisa menulis tentang :
- Apa - apa aja sih nama - nama ladang yang ada di Singgamanik (hahahha)
- Nama - nama Sekolah
- Berapa banyak gudang Jong yang ada di Singgamnik
- Nama - nama Reba ( ladang yang tidak jauh dari pemukiman warga)
- Tempat macing paling mantap di Singgamanik & nama - nama Kolam pancing
- Daftar pemain Sepak bola & Bola Voli Singgamnik (dan olahraga2 lainny juga bisa)
- Kejadian - kejadian unik & seram yang pernah terjadi di Singgamanik
- Nama Masjid & Gereja Singgamanik
- Tepat Nongkrong Singgamnik (adi aku mbarenda rusur nongkrong bas Gertak Rumah Kuta) ahhahahhah
- dll

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa kita tulis nanti, pastinya nanti kalian semua bisa nuliskan pengalaman masing - masing. Rencana saya pun kedepanya artikel ini akan saya Update (perbaharui) secara terus menerus. Bujur.

Salam Kahs Suku Karo,
Mejuah - juah.
Post a Comment

Pages