Cimpa Apa Yang Paling Disukai Orang Karo ?


Riong Medan News – Happs,,, Kali ini kita berbicara tentang “CIMPA”, Cimpa merupakan kue khas orang karo yang identik dengan rasa manis dan sedikit pedas, dimana rasa pedas ini berasal dari lada yang di tambahkan dalam proses pembuatan cimpa. Cimpa biasa di sajikan saat Kerja Tahun, pesta ucapan syukurnya orang Karo, acara memasuki rumah baru, acara tujuh bulanan atau pesta adat lainnya. Ada beberapa jenis cimpa yang bisa di temui di Tanah Karo,yaitu:

– Cimpa Unung-Unung
Cimpa unung-unung ini terbuat dari tepung ketan, dan di bagian tengah kue ini terdapat gula+kelapa yang memberikan rasa manis, dimana gula yang terdapat di bagian tengah kue ini sering disebut “inti” di dareah Karo. Daun yang digunakan untuk membungkus cimpa ini tidaklah sembarangan. Bulung Singkut atau Daun Singkut, adalah sejenis daun pandan yang digunakan untuk membungkus Cimpa. Daun ini akan memberikan aroma yang khas saat proses memasak cimpa.

– Cimpa Tuang
Tak kalah enak dengan cimpa unung-unung, cimpa tuang ini juga merupakan salah satu favorite di kalangan masyrakat Karo. Terbuat dari tepung beras, gula aren, santan, sedikit garam dan lada. Proses pembuatan Cimpa tuang ini mirip dengan cara membuat pancake.

Yang menjadi pertanyaannya sekarang, diantara kedua jenis Cimpa diatas yang manakah yang pling enak menurut kamu ? Jawab dengan lidah . . . hahahah....
Post a Comment

Pages