Kenapa Orang Karo Suka Makan Kidu ? - KARO GAUL

Karo Gokil

Post Top Ad

16 April 2017

Kenapa Orang Karo Suka Makan Kidu ?


Riong Medan News - Kidu adalah makanan khas Suku Karo yang, konon, merupakan kesukaan orang karo dari dulu sampai sekarang. Makanan ini merupakan menu utama pada acara tradisi setiap tahunnya. Kidu yang berbahan dasar ulat sagu, selain enak rasanya juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

Selain itu, Kidu merupakan makanan dari ulat pohon enau yang telah membusuk. Ulat ini bisa dimakan mentah atau dimasak dengan bumbu. Kidu seperti ulat lainnya namun bewarna putih dengan kepala kecoklatan yang memiliki banyak khasiat dan manfaat. (mungkin ini salah satu alasan orang Karo suka makan Kidu, Apa karena berkhasiat kali ya ,, hehhehe)

Adapun cara pengolahan Kidu, tidaklah serumit memasak masakan tradisional lainnya. Saat memasaknya Anda hanya perlu menyiapkan bumbu dapur sederhana seperti bawang merah dan putih, cabai, tomat, minyak goreng, dan garam. Untuk menambah kenikmatan rasa Kidu tambahkan beberapa buah Andaliman.

Bersihkan ulat dengan air, kemudian masukkan ke dalam bumbu yang tengah digoreng dalam kuali. Tunggu hingga beberapa saat hingga ulat sagu terlihat menguning dan siap untuk disantap. 
Ada yang ingin mencobanya !!!
Post a Comment

Post Top Ad