Rindu Catur Karo - KARO GAUL

Karo Gokil

Post Top Ad

18 April 2017

Rindu Catur Karo


Riong Medan News - Dikutip dari media berita Tribun, secara sepintas permainan catur Karo memang tampak sama dengan permainan catur lainnya. Namun bila diperhatikan,ada perbedaan yang sangat mencolok. Jumlah anak-anak catur antara satu pemain dengan pemainnya tidaklah sama. Di satu sisi jumlah anak caturnya 20 buah dan di sisi lainnya 17 buah.

"Dalam permainannya, catur Karo ini juga sangat berbeda dengan catur internasional. Pada langkah awal permainan, bidak catur maju satu langkah dari depan raja. Ini diberi nama 'nganjur'. Perbedaan lainnya, perjalanan raja sebelum kena skak bisa langkah kuda, langkah vertikal dua kotak dan langkah horizontal dua kotak, " ujar Ketua Persatuan Catur Karo (Percaka) Medan, Gema Tarigan.

Gema mengatakan Percaka Medan berdiri sejak 12 Februari 2015, Persatuan Catur Karo Medan kini sudah mempunyai 20 orang anggota. Pendirian Percaka bertujuan untuk melestarikan warisan budaya serta menumbuhkan minat kaum muda untuk mempelajari budayanya sendiri.

"Untuk merangsang minat kaum muda, kita juga sering datang ke kedai kopi yang ada di Kota Medan dan juga kita bermain di tempat-tempat umum. Dengan begitu, kaum muda tertarik dan ikut bermain," ujarnya.
Lihat Videonya : Disini
Post a Comment

Post Top Ad