Powered by Blogger.

12 May 2017

Tag:

Komentar - komentar Karo & Batak menganai “Apa sebab orang Karo tak mau disebut orang Batak?” Part #1


Riong Medan – Sebelum membaca artikel ini, syarat yang harus anda accept pertama kali adalah : “Artikel ini bukan perpecahan tapi persatuan sekaligus pelurusan”. Adapun artikel ini saya sadur dari artikel Herman Siregar yang berjudul “Apa sebab org Karo tak mau disebut org Batak?. Tapi yang saya tuliskan di artikel ini bukan isi dari artikel beliau tersebut melainkan komentar – komentar dari artikel beliau tersebut. Berikut adalah komentar – komentar Debat Suku Karo dan Batak dalam menanggapi judul artikel diatas :

1.       Tommy
emang asal kata ‘Batak’ itu sendiri dari mana ?  kenapa ‘Batak’ menjadi sebuah etnis? dari mana asalnya?

o    Herman Siregar
Tentang asal kata Batak ada beberapa pendapat. lihat tulisan yg dilinkan k websitenya harian Sumut Pos. disitu ada penjelasan ttg pendapat Dr.phil.Ichwan Azhari dan Prof.Dr.Bungaran Antonius Simanjuntak ttg asal nama etnis Batak. Makasih.

2.       NangiN
maaf,,bagi sy batak ialah batak,,karo ialah karo,,semua yg diutarakan diatas hny pengklaiman org batak itu sdiri… pendiri kota medan ialah guru patimpus tp medan tanah melayu,,tp,,kata slamat dtg yg tertulis dimana2 ialah HORAS,,why? bukan kah itu sebuah pengklaiman?! medan tanah BATAK???,,nenek moyang kita berasal dr india belakang dn cina selatan,,wajar org karo mengklaim mrk bukan dr suku batak… maaf klw ada kata yg rasis,,, 

o    Herman Siregar
Makasih atas masukannya, bicara sejarah kota Medan, menurut hemat saya harus lebih memfokuskan perhatian sejak kapan Medan menjadi kota. Kota tradisional tentunya. Sehingga kita perlu mendefenisikan “kota medan” sebagai kota tradisional yang dimaksud. Dengan demikian penetapan Guru Patimpus sebagai pendiri kota Medan menurut saya kurang tepat. Dalam hal ini saya lebih sepakat dengan pendapatnya pak Ichwan Azhari (Sejarawan Unimed). berikut ini diantara petikan pendapat beliau tentang sejarah kota Medan. 
§  omo
Setuju ! perlu pengkajian lagi
o    drianto
klo anda merantau pasti anda cari persamaan marga anda contoh sembiring sama tampubolon, perangin-angin sama sinaga, klo sempat ini menikah itu dinamakan perkawinan satu darah, jadi jangan mau dipecah belah, lebih lembut lagi orang sibolga bicara dari daerah simalungun, gimana pula itu, jadi jangan mau diotak-atik sama orang lain
. ok mejuah-juah

o    omo
Wah, ternyata Nangin juga sudah melakukan “pengklaiman” bahwa kota medan didirikan oleh orang karo……perlu dikaji bro ! Kalau orang karo mengklaim “bukan orang batak” itu kata anda…..saya orang karo, tdk keberatan dibilang batak ! salam damai
§  putra sembiring
omo berkata : “Wah, ternyata Nangin juga sudah melakukan “pengklaiman” bahwa kota medan didirikan oleh orang karo……perlu dikaji bro ! Kalau orang karo mengklaim “bukan orang batak” itu kata anda…..saya orang karo, tdk keberatan dibilang batak ! salam damai.”
Omo, anda bukan orang Karo, orang Karo kenal siapa itu Guru Patimpus Sembiring Pelawi. atau bahkan anda belum pernah melihat patungnya berdiri dekat jalan Karo?
o    yudha
Batak asalnya dari siraja batak, siraja batak belum lahir 7400 tahun yg lalu, suku karo sudah ada 7400 tahun yg lalu. Lihat kerangka yg ditemukan di aceh gayo. Menurut profesor simanjutak,,masih frofesor belum tentu benar,taulah frofesor indonesia. Masalah rakut2 dikaro itu bs saja mirip dgn toba atau batak. Klo dilihat dari usia suku karo yg ditemukan diaceh gayo, mungkin saja batak atau toba yg meniru2 suku karo, toh suku batak ngomong kami suku karo ga tau artinya, begitu jg dgn kami ngomong mereka ga tau artinya

wah susah juga ternyata…
taapi menurut saya yang mendomisilih sumut itu adalah suku batak
mau tidak mau keturunan orang yang tinggal disana dari sejak dulu harus mau dibilang orang batak. (punya marga)
jadi menurut saya yang tinggal di sumut maupun itu karo,simalungun,mandailing,toba,dll itu adalah suku batak,walaupun sesama bataknya mungkin g ada hubungan darah..
makasih

3.       nangin
ya,,mungkin sj sy salah dlm berpendapat bhw guru patimpus pendiri kota medan,,, tp byk nama daerah yg berasal dr bahasa karo itu sendiri,,,contoh medan yg dulunya berasal dr kata madan,,,kesawan yg berasal dr kata kesain dll,,,, etnis yg paling terdekat kekota medan ialah etnis karo dan melayu,,,kita semua hny belajar utk melurus kan sejarah kita masing2,,,bagi sy org karo jk dimasukan kedlm turunan suku batak jg kurang lah tepat krn sangatlah byk perbedaan yg nyata,,..walaupun ada dan sangat sedikit kemiripan dr adat dan bahasa nya,,.
ya,,,kita hrs sama2 mengali kembali dr mana asal nenek moyang kita dr mana???…. jika melayu sendiri menyatakan mrk ialah PUAK,..Pertanyaan sy malah timbul??? apakah org BATAK itu sendiri PUAK???,,,,,,,dr mana asal org batak???…apakah mrk sudah ada sebelum org india belakang dan china selatan merantau dan menjejakan kakinya di Indonesia…sulit utk mejwb nya,,,
bagi sy utk mengklaim mrk adalah kita???,,, tp kita adalah siapa???…harus lah jelas,,,
maaf jika ada yg merasa tersinggung atas ucapan sy… sy hny ingin berlajar dn berbagi pendapat pada saudara/i sj,,,tks,,,,wassalam,,,,,,,,,

o    Herman Siregar
Tentang Karo apakah bisa dikategorikan sebagai suku yang berdiri sendiri atau justru bagian dari Batak harus dikaji secara antropologis. Kalau asal usul orang Karo yang dianggap berbeda dengan Batak (khususnya Toba) menurut saya mungkin-mungkin saja. Hal ini juga terjadi pada masyarakat Mandailing yang sepertinya memang tidak berasal dari Toba. Mejuah-juah…


4.       roy van halen simatupang
orang batak itu adalah toba,samosir humbang hasundutan dan angkola.. sedangkan karo simalungun mandailing pakpak bukan orang btak tetapi suku yg berdiri sendiri.. alasannya sifatnya sangat jauh berbeda : orang batak itu keras,kasar,terbuka,to the point, fear,berani tampil dlm situasi papun,berani berbicara,bverani memperkenalkan diri sbgi orang batak,mau menerima sakit maupun senang,tegas,teguh pada pendirian,pekerja keras,punya cita2 tingi, rasa ingin tahu yg tinggi,nekat,tidak mudah tersinggung,tdk mudah diperedaya,susah diusir,menguasai,mendominasi,cerdas,paham hukum,kreatif,suka bersekolah,cinta pendidikan,cerdik bahkan licik seperti orang yahudi,loyal,kuat dalam adat dalihan natolu,pandai bernyanyi,suara kuat,fisik kuat,tdk mudah menyerah,biasanya cepat berbicara secepat otaknya berpikir,cepat bertindak,pandai berkata kata,pedas bicaranya,kalo sudah nekat setanpun lari dibuatnya.. itulah orang batak… sementara empat suku lainnya adalah kebalikannya..

o    robin g munthe
Pengalaman pribadi dan pengamatan saya tentang orang Batak tidak sepenuhnya spt yang anda sampaikan. Jadi kalau ada beberapa orang Batak yg menjadi Jenderal, Menteri, pengusaha, artis, pengacara top, pendeta dll jangan anda generalisasi orang Batak itu suku yang sukses. Begitu juga kalau ada beberapa orang Batak yang jadi koruptor, pencopet, perampok, penjilat, penipu, lintah darat dll profesi tercela lainnya jangan pula langsung steriotype suku Batak spt itu. Lihat secara menyeluruh dan berimbang. Misalnya, cobalah anda bandingkan tingkat kesejahteraan suku Batak dibandingkan suku lainnya ( mis : Karo, Simalungun, Melayu, Jawa dll)dengan parameter tertentu (mis : tingkat pendidikan, penghasilan rata-rata, akses ekonomi, melek politik dll) yang lebih obyektif menggambarkan kemajuan suatu suku.

o    Albert Ginting
yang anda katakan adalah generalisasi. dan kenyataannya belum tentu sesuai dengan perkataan anda. suku lain juga pasti berani memperkenalkan diri sebagai suku nya sendiri. dan satu yang perlu anda ketahui (atau mungkin sudah tahu, tapi anda malu menyebutkannya, orang BATAK adalah salah satu suku yang sudah pernah meninggalkan sejarah hitam, yaitu melakukan pemberontakan terhadap Republik Indonesia.

§  sonny
ini kok melebar pembicaraannya, maaf bang ginting coba dijelaskan sejarah hitam dimaksud…???? jangan lah asal bicara
o    ayu
gak semua suku batak seperti itu, karna anda bilang 4 suku lainnya kebalikannya berarti anda merendahkan suku tsb


5.       roy van halen simatupang
satu lagi orang batak suka membatakkan masyarakat,dn memasyarakatkan batak.. sementara empat suku lainnya dalah kebalikannya.. jadi jangn heran kalo orang batak itu lebih terkenal dibnding suku2 lainnya yg ada di indonesia.. bila penting setiap media massa elektronik maupun media selalu memperlihatkan kehebatan orang2 batak baik itu hitam maupun putih.. orang batak itu adalah orang yg kesatria yg tidak akan menghianati leluhurnya,mereka bukan orang2 yg mudah ditekan,mereka adalah orang2 kuat.. bagi orang batak bila penting dunia inipun dibatakkan.. kenapa cuman indonesia???? keccillah kalo cuman membatakkan empat suku yg tadi.. slah satunya tanda adalah perekaman dan peluncuran CD TOBATAK karya herman delago dan vicky sianipar yang direkam oleh perusahhaan jerman dan akan di pasarkan ke seluruh dunia diikuti dgn konser yang akan diadakan di negara2 di seluruh eropa khususnya.. jadi jngan heran klo besok2 banyak orang2 barat akan menyanyikan lagu2 batak.. bahkan bisa marhata batak.. satu lgi ITB adalah institut teknologi btak,tak heran sebb 25 prsen mahasiswanya adalah org batak.. jadi 10 atau 20 tahun lagi indonesi inipun menjadi milik orang batak..

o    Albert Ginting
Jangan mimpi membatakkan Indonesia, Medan saja tidak bisa di batak kan suka batak. Adakah suku batak punya tanah batak di medan, kalau orang karo punya tanah karo di medan (Pancurbatu, Delitua adalah tanah karo)

§  charles sitepu
Kita diajarkan bertumbuh dan berbuah,aku kalak karo sangt respek dgn orang batak,kerja keras pendidikan persaudaraan sebenarnya di karo pun itu sgt kuat,tapi untk mensurvei jujur saya tidak malu ,mana yg lebih dikenal orang luar orang batak ato karo????’Karo bisa dikenal karna ada bataknya,trima keadaan ini ula lalap mekengg,ambil positifnya bila penting merantaulah,,dilampung yg dikenal orang batak walaupun tujuanya orang karo,ato karona grup,secra ekonomi memang karo cukup bagus epe perban lako denga rimo ikuta nari,belajar menerima kekurangan lah,,lebih enak bersatu daripada bercerai berai,jujur bayak orang karo trkenl contoh mantan menhut kaban,meninfo sembiring,trus dampaknya sama orang karo apa emang di sudah masuk dalam sipesikap kuta kemulihenta??buka hati terima perbedaan tetap satu dalam rumpun btak,aku bangga jadi orang karo

6.       roy van halen simatupang
aku orang batak.. adong na keberatan????????

o    B.Ginting
hahaha, gk ada yg keberatan lae, justru kalau orang karo yg gak mau di bilang bataknya byk org yg keberatan.

Mantap silih.. 
§  Albert Ginting
setuju dengan bang B.Ginting
o    Jose Sinaga
norak banget bang, ga ada yang keberatan juga sih mau lo orang batak ataupun lo pithecanthropus erectus


7.       roy van halen simatupang
satu lagi.. orang batak memiliki silsilah.. sedangkan 4 suku yg tadi tidak memiliki silsilah.. dan biasanya hanya keturunan raja atau sultan yg memiliki silsilah.. jangan heran kalo setiap orang batak adalah raja,ingat.. raja tidak mudah tunduk terhdap orang lain.. seorang raja harus berkuasa,harus lebih kuat dari yg lain.. seorang raja harus siap berperang.. demikianlah mental orang batak mereka bermental raja bukan budak.. prinsipnya “HABBING MANGALO DONGAN, HORBO MANGALO MUSU” rtinya kambing melawan saudara,banteng melawan musuh..”

o    Roberto Kaban
sebelumnya saya mohon maaf bapak…jika kita punya marga bukannya sudah pasti punya silsilah keturunan atau dapat lebih mudah dicari silsilahnya. kenapa 4 suku yg lain bapak bilang tidak punya silsilah?.
“Sebagian orang Karo, Angkola, dan Mandailing tidak menyebut dirinya sebagai bagian dari suku Batak. Wacana itu muncul disebabkan karena pada umumnya kategori “Batak” dipandang rendah oleh bangsa-bangsa lain. Selain itu, perbedaan agama juga menyebabkan sebagian orang Tapanuli tidak ingin disebut sebagai Batak[http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Batak]”
“Orang KARO sudah ada sejak 3500 Tahun yang lalu,Raja BATAK diperkirakan hidup adalah 1000 Tahun yang Lalu[ komentar dibawah oleh Shaik Sumatra]”
mungkin yang diatas beberapa alasan kenapa orang karo tidak mau disebut batak, ditambah dari beberapa cara berkomentar bapak…hehe..
“ingat.. raja tidak mudah tunduk terhdap orang lain.. seorang raja harus berkuasa,harus lebih kuat dari yg lain.. seorang raja harus siap berperang”
wah..wah..jangan terlalu banyak nonton film pak…maaf pak, agak nyeleneh…”RAJA ITU TIDAK SEMBARANGAN NGOMONG!” dan saya bukan raja…

marga batak berasal dari nama manusia. sedangkan marga karo berasal dari nama satu kelompok manusia dlm suatu daerah yg sebenarnya adalah berasal dari satu keturunan.. itulah bedanya silsilah yg dimiliki batak dgn silsilah yg dimiliki karo..
§  togar
“marga batak berasal dari nama manusia. sedangkan marga karo berasal dari nama satu kelompok manusia dlm suatu daerah” Jika perbedaan yg disebutkan lae simatupang memiliki sumber yg akurat dan terbukti secara ilmiah, maka harus cepat2 di sosialisasikan ini supaya dapat memberi pecerahan kepada generasi muda tapanuli/batak maupun karo bahwa ada perbedaan yg sangat mendasar diantara mereka…tapi saya malah takut pak tupang ini asbun jg(sifat bawaan soalnya). Tapi walaupun begitu, kami sudah dp mengerti kok, kita kan bertetangga, bertetangga kan tidak selamanya bersaudara..ate..
o    charles sitepu
Ah molo I hurang setuju au lae,molo raja adong istana yg megah,ada prajurit ada hatoban,raja hanya penyebutan aja,ato dulu raja batak ga punya tahta tapi turunanya lah yg mengaggp raja untk suatu penghormatan pd leluhurnya


8.       roy van halen simatupang
saya ingatkan sekali lagi.. KALIAN ORANG KARO BUKANLAH ORANG BATAK.. camkan itu.. dn bawalah prinsip itu kemanapun kalian pergi..

o    B.Ginting
dari dulu orang karo berprinsip seperti itu, makanya orang karo gk terlalu paham menghubung2kan marga karo dengan marga batak.


9.       roy van halen simatupang
saya tidak mengatakan orang karo adalah musuh kami batak.. kalian memang bukanlah orang batak,tetapi dipeerantauan kami orang batak siap membela dan melindungi kalian orang karo.. bagi kami kalian semua adalah saudara kami.. oleh sebab itu biasanya orang batak tidak mau bertengkar(DIDASARI SUKU) terhadap orang karo mandailing simalungun maupun pakpak.. karena orang batak memnganngap kalian saudaranya.. perhatikan kehidupan orang batak di perantauan.. salah satu contoh.. greja GKPS ( simalungun ) yg ada di jambi dibakar oleh masyarakat setempat.. tetapi lihat bagaimana tindakan dan respon orang2 batak terrutama HKBP cepat menyalurkan bantuan.. lobi2 dan penggalangan2 terhadap masyarakat dan pemerintah setempat jga dilakukan oleh orang2 batak sehingga gereja bisa di bangun kembali.. dan masyarakat bisa ditertibkan..

o    Herman Siregar
Mauli ate atas tanggapan dan penjelasan pak Simatupang tentang karakteristik orang Batak. Simatupang dengan Siregar abang-adek kan?


10.   bukhori ginting
herman siregar : apa anda puas dgn tanggapan saudara lae simatupang yg seolah2 mengatakan suku karo, pakpak mandailing dan simalungun di hina seperti itu?
SIMATUPANG : ini diskusi bukan mau anggar jago.

o    Herman Siregar
Dalam diskusi sejatinya lebih mengedepankan argumentasi ilmiah. Masing2 suku maupun sub suku sesungguhnya punya kelebihan sekaligus juga punya kelemahan. Termasuk Batak berikut sub-subnya.

§  Shaik Sumatra
Kajian Ilmiah Bahwa KARO BUKAN BATAK sudah teruji ,……
Penemuan Kerangka Manusia Purba di Kecamatan KEBAYAKEN ( nama Kebayaken hanya ada dalam istilah KARO yang Berarti KEKAYAAN ) disekitar Danau Laut Tawar Aceh Tengah ,… Oleh Arkeologi menyatakan bahwa Usia Kerangka Purba tersebut sudah berusia 3500 Tahun dan Ahli Forensik menyatakan Bahwa DNA kerangka tersbut adalah DNA orang KARO dan DNA orang GAYO,…. jadi secara ilmiah menyatakan bahwa Orang KARO sudah ada sejak 3500 Tahun yang lalu,…. ( ILMIAH ) sedangkan si Raja BATAK diperkirakan hidup adalah 1000 Tahun yang Lalu ,.. yang konon merupakan asal muasal orang /suku BATAK ini berdasarkan penelitian para pakar dan ahli tentang BATAK termasuk tokoh adat Batak,….. jadi Jelas Kelihatan perbedaan usia Orang Karo dan Siraja Batak ada selisih 2500 Tahun,…..dan terbukti secara Ilmiah Bahwa KARO lebih Tua (2500 Tahun ) dari BATAK sehingga KARO bukan BATAK,…. Karena yang dikatakan dengan orang /SUKU BATAK adalah orang2 yang mengaku /merasa adalah keturunan dari Si RAJA BATAK,…. Bagaimana dengan KARO,…? srcara ilmiah sudah teruji bahwa KARO bukan Keturunan dari siRAJA BATAK,… bahkan mungkin bisa saja sebaliknya
Jadi Kalau DONGENG TEROMBO BATAK yang menyatakan bahwa orang karo adalah keturunan dari JELAK KARO yang Konon adalah KETURUNAN dari si Raja BATAK sudah terbukti BOHONG BESAR,…….
Fakta Lain secara ilmiah,…….
Menurut Penelitian Ahli2 Bahasa yang meneliti tetang Bahasa Bahasa di NUsantara,… mereka menyatakan bahwa Bahasa bahas yang termasuk Bahas yang sudah Purab /Tua di Tanah air adalah Bahas SUNDA.KARO,PASMA,GAYO,MELAYU,… kenapa disebut Tua karena sudah dituturkan/dibahasakan lebih dari 2500 Tahun,…. Nah apakah Bahasa Batak termasuk Bahasa PURBA,…? ternyata Tidak karena dituturkan belum dalam waktu lebih dari 1000 Tahun,….
Atas kedua Pengujian Ilmiah tersebut maka terbutilah bahwa KARO BUKAN BATAK
o    van halen simatupang
dimana letak penghinaan sy.. malah saya mensupport anda “KARO BUKAN BATAK” dan hanya orang karo yang gak setuju teori ” KARO BUKAN BATAK” lah yg seharusnya terhina.. jangan terbalik terbalik impal.. bujur..

§  RAJA BANGUN (Cucu Cawir Bangun - Narigunung Penampen)
Tulisan anda sebelumnya menyatakan karo adalah sub dari etnis dari batak, jd siapa yang memutarbalikan fakta (Simatupang), jd Karo ada pada 3500 tahun silam sedangkan Batak 1000 tahun silam jd KARO LEBIH TUA DARI BATAK ia dekkkkkk
artinya sejarah perlu dipublikasikan hasil temuan itu supaya tau halayak banyak dan BENAR ADANYA KARO itu BUKAN BATAK


About willem andrea

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.