Powered by Blogger.

12 May 2017

Tag:

Komentar - komentar Karo & Batak menganai “Apa sebab orang Karo tak mau disebut orang Batak?” Part #3



1.
       Biring
Suguhan/makanan untuk kehormatan dan dalam acara acara resmi org Toba adalah Babi.berbeda dengan Karo,Simalungun,Gayo,Pakpak/Dairi adalah Ayam.
kedua makhluk tsb di suguhkan secara lengkap,tentunya setelah di masak terlebih dahulu.
sedikit banyaknya sifat kedua makhluk tsb menggambarkan masyarakatnya dalam berperilaku/watak.
Tahun 70an,Babi di pelihara di desa desa di Tanah Karo tanpa di kandang,bebas berkeliaran di halaman perkampungan bahkan sampai di pinggiran hutan batas desa untuk mencari makan,walau pagi dan sore hari Babi babi tsb diberi makan oleh umpunya.Hal yang luar bisa adalah sedemikian banyak Babi dari berbagai pemilik/peternaknya,mereka tahu yg mana umpunya mereka(Babi).saat babi tersebut di panggil oleh peternaknya dengan teriakan “Nduaa…na….naaa……..h…Babi yang lain tidak akan datang ke sumber suara pemiliknya.
Kita lihat orang Toba mereka juga mendengarkan apa yg di sampaikan oleh yg di tuakan oleh masyarakatnya/Toba.bahkan orang Toba dapat membela dgn membabi buta,bila yg di hormatinya merasa org lain memojokkannya/tidak rasional di depan org banyak namun bila mereka di komunitasnya dengan ringannya dia mengatakan sengaja berbuat demikian.
Ayam sebagai makanan khas Karo.Iduk Ayam senantiasa melindungi anak anaknya,baik dari Pemangsa maupun dari kondisi Alam/hujan dll.
Induk Ayam akan berlaga dengan Burung Elang,bila sang Elang berniat memangsa anaknya,juga saat mengais ngais makanan sang induk akan membagikan makanan tsb pada anaknya itulah di Karo ada pepatah “Bagi Manuk/Ayam si indung indung” artinya Mengayomi.
ke dua hal tsb sangat mendasar pada masyarakat,bila memang Karo adalah keturunan dari si Raja Batak mestinya adalah hal yang mendasarinya akan tidak jauh berbeda/falsafah.
hal ini adalah bagian kecil perbedaan tsb.
o    Pstruct
Analoginya kurang mendekati,tapi ada sebagian fakta bahwa pemakan babi di dunia ini relatif cerdas.juga babi lebih cerdas dari ayam,dan organ babi lebih mirip manusia pula.artinya babi lebih manusia dari ayam atau kambing juga sapi.tapi sepertinya sama sama saling melindungi anaknya.ah..sepertinya batak ini harus bekerja lebih keras lagi agak menyamai bangsa eropa atau amerika agar mau di akui oleh saudaranya batak yang lain.

2.       jon kusumo matupang
orang karo juga pemakan Babi yg setia,bukan berarti orang karo seperti Babi.. demikianlah halnya orang toba juga suka makan dayok atau manuk tetapi bukan berarti orang toba itu seperti ayam.. jadi jangan buat pernyataan kasar dengan bahasa yg lembut.. tetapi berbicaralah kasar jika kamu ingin kasar.. berbicaralah lembut jika kau memnginginkannya jga.. katakan ya jika ya.. katakan tidak jika tidak.. tetapi yg jelasnya orang toba itu jauh lebih hebat dan lebih cerdas dibandingkan orang2 karo..
o    robin g munthe
Saya tidak ingin terjebak dengan pernyataan2 yang kosong dan kekanakkanakan. Kebetulan saya dan keluarga puluhan tahun bergaul dengan orang Batak. Sebagai mahasiswa banyak teman Batak, demikian juga di dunia kerja. Khususnya dlm dunia kerja, tak pernah sekalipun saya dipimpin orang Batak. Kalau merekrut dan memimpin orang Batak sering, termasuk dimintai tolong sama orang Batak (agak berat saya mengatakannya), dari pengalaman itu saya simpulkan : Tak ada itu Orang Batak (Toba) lebih berani dan lebih cerdas dari orang Karo. Kalau ngomongnya rata2 lebih keras, itu betul. Tapi keras dalam pendirian, belum tentu. Kalau orang Batak (Toba) 6 kali lebih banyak dari orang Karo, itu betul. Tapi kalau berkualitas, belum tentu. Selain itu anda harus pahami, orang disebut hebat kalau dia berguna utk orang banyak. Kalau sudah merasa hebat, melakukan segala cara mendapatkan kekuasaan, lalu menyalahgunakan jabatannya serta memperkaya diri sendiri, itu gak hebat.
Enggak keren itu. Jadi ukuran hebat itu ada. Lebih bijak kita banyak belajar ttg orang lain, sebelum kita memperkatakannya.
Yang sering terjadi kita belum ngerti diri/suku kita sendiri, kita sdh sok tau suku org lain.

3.       jon kusumo matupang
secara fakta2 atau bukti2 sejarah arkeolog memang pemerintah israel sulit utk mengakui bahwa batak bagian dari keturunan israel kuno.. tetapi secara kontak batin dan adanya jiwa persaudaraan dgn bangsa batak mereka tdk keberatan dengan pengakuan oleh sebagian bangsa batak yg merasa bahwa batak adalah bagian dari keturunan gen israel kuno.. buktinya dgn diijinkannya berdirinya tugu di yerusalem dgn di ukir ratusan marga2 batak.. jga adanya dukungan sebagian orang israel utk membantu peneliti2 sejarah batak yg meneliti batak with ten tribe of lost yisrael.. jg adanya pernyataan2 sembarang sebagian ahli2 eropah dan pendeta belanda yang mengatakan dgn “HALAK ISRAEL DO HAMU”.. mengenai loby2 israel ula kam heran mpal biring.. itu memang sdh watak orang israel sejak jaman yakub bahkan abraham.. kan gak jauh jga dgn orang batak pandai mangaloby.. apalagi yang urusannya dgan hepeng atau getep..
o    Permana Ginting
hay pak
anda berkata
jelaslah orang batak lebih cerdas dari orang karo.. bukikan saja.. apa ada tokoh karo yg memiliki konstribusi utk sumut atau indoneia???? jawabnya nol besar.. orang batak walaupun bodoh tapi banyak melahirkan ide2 briliant utk sumut,indonesia bahkan dunia.. ndak usah jauh2lah cara2 orang karo berkomentar di blog ini aja keliatan kok kalo orang karo itu kurang logis dalam berfikir.. itu adala salah satu ciri2 org yg iq nya maaf.. masih standar atau dibawah rata2.. jadi kalo kalian malu jadi orang batak atau tidak merasa bagian dari batak,karena kata batak menurut kalian dan suku2 lain adalah negatif.. silakan.. memang sifat dan karakter klien berbanding terbalik dengan kami suku batak toba.. kami tdk pernah terpengaruh dengan pandangan orang terhadap suku batak.. sebab orang batak itu bukan suku yg mudah dipengaruhi atau mdah dikompori.. tetapi batak itu adalh suku yg memiliki rasa percaya diri yg tinggi.. bayangkan aja kami lebih suka mengakui atau lebih bangga mengakui bahwa kami adalah suku BATAK bukan suku TOBA.. walaupun kami tahu klien memganggap rendah kata batak,kami justru bangga.. dimana sebaliknya klien semua malu menyebut diri sebagai batak.. karena klian mungkin memang bukanlah batak.. orang batak toba bukan orang2 yg suka berhianat dan lupa daratan,atau malu terhadap orangtua atau leluhur.. orang batak toba bukan tipe simardan.. kemanapun orang toba pergi dia lebih senang menyebut bahwa dia adalah orang batak bukan orang toba.. itu menunjukkan cara berpikir orang batak itu luas dan fleksibel..

saya baca semua komen anda mahalah terkesan anda lah yang sok cerdas. coba anda baca lagi semua komentar anda
apakah anda rasa begitulah orang yg mempunyai pendidikan???

4.       bangun vibora
Kenapa mesti ribut? Inilah peninggalan belanda kata batak. Batak itukan istilah belanda . Mengapa itu jd patokan? Kata batak itukan bukan istilah suku tapi itu bangsa.mengapa kata batak disebut suku? batak itukan suatu penamaan istilah belanda. Jadi siapa yg menyebut kata batak itu suku anda salah besar. Encamkan itu . Untuk apa anda
o    Azoisi Siburian
betul sekali…kacau kali kawan2 kita ini..bisa aja meributikan hal yang tidak penting.. aneh bin ajaib.. mau orang India kek mau orang Eskimo persatuan lebih penting untuk bisa nyaman membangun negri yang morat marit ini..
slow aj pra.. jangan dipikirin…. he he he he he..

5.       matupang do au roy
jelaslah orang batak lebih cerdas dari orang karo.. bukikan saja.. apa ada tokoh karo yg memiliki konstribusi utk sumut atau indoneia???? jawabnya nol besar.. orang batak walaupun bodoh tapi banyak melahirkan ide2 briliant utk sumut,indonesia bahkan dunia.. ndak usah jauh2lah cara2 orang karo berkomentar di blog ini aja keliatan kok kalo orang karo itu kurang logis dalam berfikir.. itu adala salah satu ciri2 org yg iq nya maaf.. masih standar atau dibawah rata2.. jadi kalo kalian malu jadi orang batak atau tidak merasa bagian dari batak,karena kata batak menurut kalian dan suku2 lain adalah negatif.. silakan.. memang sifat dan karakter klien berbanding terbalik dengan kami suku batak toba.. kami tdk pernah terpengaruh dengan pandangan orang terhadap suku batak.. sebab orang batak itu bukan suku yg mudah dipengaruhi atau mdah dikompori.. tetapi batak itu adalh suku yg memiliki rasa percaya diri yg tinggi.. bayangkan aja kami lebih suka mengakui atau lebih bangga mengakui bahwa kami adalah suku BATAK bukan suku TOBA.. walaupun kami tahu klien memganggap rendah kata batak,kami justru bangga.. dimana sebaliknya klien semua malu menyebut diri sebagai batak.. karena klian mungkin memang bukanlah batak.. orang batak toba bukan orang2 yg suka berhianat dan lupa daratan,atau malu terhadap orangtua atau leluhur.. orang batak toba bukan tipe simardan.. kemanapun orang toba pergi dia lebih senang menyebut bahwa dia adalah orang batak bukan orang toba.. itu menunjukkan cara berpikir orang batak itu luas dan fleksibel..
o    Azoisi Siburian
jangan begitulah appara.. spertinya appara sarkas sekali… semua prototipe yg kita percayai dengan suku tertentu adalah akal akalan penjajah dan yg ga suka negri ini bersatu.. Hidup Indonesia!!!
ok pra.. kapan lagi kita buat catatan sejarah pra.. simatupang memimpin dan berpengaruh di indonesia.. Tb simatupang,Soaloon simatupang.. siburiannya paling jadi Eporus pentakosta dan pantekosta Indonesia… sementara TB dan SOALOON adalah Sianturi..
gak apa2 itu pra.. kita harus ngomong keras terhadap saudara2 kita ini.. walaupun kita keras appara.. kita adalah suku pengasih… he he he..

6.       matupang do au roy
jadi sudahlah.. karo itu memang bukan batak.. habis perkara..

7.       matupang do au roy
lagipula siapa yg bilang karo itu adalah batak.. justru klien org karo yg ngaku2 batak kalo diperantauan.. besok2 gengsi dong bilang org batak.. perkenalkanlah dirimu sbagai orang karo.. jgn memakai tameng sbg org batak..

8.       matupang do au roy
soal keberanian orang batak,org karo,org simalungun,pakpak atau mandailing semuanya sama2 pemberani.. cuman bedanya.. orang batak berpikir panjang dan berpegangan hukum.. sedangkan karo berpikir pendek dan berani kalo di kampung atau wilayahnya sendiri.. sehingga kelihatan org karo itu berani padahal sebenarnya karena bodoh.. org batak itu sebenarnya jauh lebih berani dan konsekwen.. tetapi cara bertindak dan berpikirnya panjang dan matang,dan dia lebih suka negosiasi selagi msh bisa ditoleransi.. tetapi kalo sdh tdk bisa maka siapapun tdk akan diampuninya.. seperti gaya militer amerika gitulah.. kalo gak bisa dinego maka di ultimatum,gak bisa juga?? baru disikat..
o    robin g munthe
Mengatakan Batak lebih cerdas dari Karo jelas dilandasi logika yang kacau, tidak cerdas dan tendensius, serta menyimpang dari topik diskusi ini. Tapi tak apalah, saya berikan beberapa info sebagai indikator soal kecerdasan ini. Olah raga catur adalah olah raga adu otak dan puluhan tahun sebelum RI merdeka Narsar Karo-karo dan Si Toemboek (Pa Kantur) dari Berastagi sudah dikenal dunia sbg master catur yang mengalahkan para pecatur kelas dunia dari Eropa (Belanda dll)secara simultan 9 org sekaligus, serta menahan seri DR Max Euwe juara dunia dari Belanda (mantan Presiden FIDE). Mereka adalah org Indonesia pertama yg menciptakan sejarah itu. Kita tentu juga mengenal Grand Master Cerdas Barus (org Sumut pertama yg GM) dan pecatur top lainnya spt Nasib Ginting, Monang Sinulingga, Merlep Ginting dll. Di bidang ilmu pengetahuan beberapa ilmuan Karo kaliber internasional misalnya fisikawan Prof Masno
Ginting (Presiden Olimpiade Sains Internasional), Prof Robert K Sembiring/ITB (Ketua Himpunan Matematika Indonesia), Prof AT Barus (ahli fisika nuklir pertama dan pendiri FMIPA USU), Prof Masri Singarimbun/UGM (ahli kependudukan terkemuka), James David Ginting juara I kompetisi sains internasional (Korsel 2008) dll. Belasan ribu org Karo telah menjadi sarjana tingkat S1 – S3 lulusan dalam dan luar negeri. Itu semua jelas memerlukan kecerdasan. Bahkan penjahat legendaris yg akhirnya bertobat Johny Sembiring dikenal seabagai penjahat berotak encer dan bernyali gede.(Tapi saya tidak akan pernah mengatakan orang Karo lebih cerdas dari suku lain, sebab pekataan itu menunjukkan kebodohan). Berbagai profesi dari level rendah sampai tingkat Menteri, dari pengusaha kecil sampai besar, begitupun di perusahaan2 swasta ada org Karo. Di TNI/Polri ada 32 org Karo yg mencapai pangkat jenderal.
Orang Karo cuma 2/3 tinggal di sumut,
menyebar ke seluruh nusantara, bahkan ke seluruh dunia.
§  robin g munthe
yang 1/3 lagi menyebar ke seluruh nusantara, bahkan ke seluruh dunia. Tokoh Marxis Indonesia Thomas Sinuraya sdh sejak thn 60 an melanglang buana di Sovyet dan negara Eropa lainnya. Itu secuil sekedar gambaran agar pengetahuan anda lebih update mengenai Karo, Sdra Roy Simatupang, tanpa bermaksud melebihkan Karo dari yang lainnya. Tentu saja tokoh orang Batak lebih banyak dari Karo karena populasi org
Batak sekitar 6 kali lbh besar dari populasi Karo. Itu wajar saja, semua org Karo mengakui hal itu, lagipula org Batak sekitar 29 tahun lebih dulu dimasuki zending Kristen shg pendidikan modern lbh dulu dimasuki org Batak dibanding org Karo. Sama juga membandingkan tokoh Jawa lebih banyak dari tokoh Batak karena populasi org Jawa sekitar 10 kali lbh banyak dari org Batak. Setiap org yg belajar metode riset dan statistik mengerti akan hal itu. Makanya membandingkan orang satu dengan yang lain, suku yang satu dengan yang lain secara serampangan, apalagi mengatakan suku A lbh cerdas dari suku B jelas bukan pikiran yang cerdas.
§  Irfan
Sdr. Robin g. Munthe, jika ingin menuliskan kehabatan orang batak dibanding orang karo, mungin capek menuliskannya disitus ini dan anda yang tuliskan itu belum seberapa orang batak, bila ditanyakan kepada penduduk dunia, orang akan lebih mengenal batak daripada karo, dan satu lagi yang mesti diingat, orang batak tidak malu mengaku batak, tetapi ada orang karo dan orang mandailing karena kepentingan atau ingin pengakuan mereka mengaku batak, bukan karo, itu artinya karena memang orang batak lebih mendunia, lagian kalau orang karo tidak mau dikatakan batak, bagi orang batak tidak rugi dan menjadi masalah, karena batak memang sudah dikenal dimana-mana
cara berpikir orang batak itu bila penting musuhpun ditemani apalagi kawan.. kalo soal preman masih olo panggabean yg kedengaran..
§  Riski Dasnari Ginting
maksud nya musuh pun demi uang, di temani (menghalalkan segala cara demi memuluskan jalan) biasa itu memang.
§  RAJA BANGUN (Cucu Cawir Bangun - Narigunung Penampen)
Makanya di KODAM itu tugunya Jamin Ginting yang ada dan darimanakah asalnya Jamin Ginting itu, boy…?
o    IRWANTA tARIGAN
aku ga suka dengan gaya lae yang menghina orang karo. walaupun saya campuran toba dan karo. saya akan berpihak di tengah. selaku manusia saya tidak suka dengan lecehan yang anda maksud kepada orang karo. apakah anda tidak berpikir dulu dalam berargumen? secara sensus orang toba memang banyak di mana-mana karena pengaruh daerah yang tandus sehingga mereka rajin untuk meninggalkan daerahnya untuk merantau dan mberdampak kesuksesan (filsafat toba godang anak, godang rejeki). sedangkan orang karo memiliki daerah yang subur sehingga wajar aja tidak mau pergi dari daerahnya (filsafat orang karo sada pe manukta gelah tekuak, artinya walaupun satu anak asalkan sukse). dari hal ini terlihat orang toba banyak di mana-mana karena pengaruh daerah dan filsafat tersebut. memang saya akui orang toba dapat bersatu dan berkata tinggi, tapi anda jangan sombong karena orang batak dapat seperti itu karena faktor-faktor yang saya sampaikan tadi. kalo soal keberanian wajar aja orang toba berani (preman) karena melihat punya jiwa paling banyak dan pasti saling mendukung.
mauliate lae,,, inang na di jabu boru simatupang.
§  Riski Dasnari Ginting
walaahhhh,,,cabut kata2 itu,,, apanya yang pemberani? berani ngomong karena punya jabatan dan sedang rame2 sih iya… jago ngibul sih iya, kalau asli preman? dari hongkong?!
oke laekku tarigan.. he he..
o    togar
Iya betul yg dibilang lae simatupang ini…coba kita lihat di tv, si ruhut dan hotman yg notabene org terpelajar dan bisa dikatakan ‘tokoh’. Seperti itulah cerminan org batak, tidak jauh berbeda dengan lae tuppang ini…saya tidak ada bilang mayoritas tukang tambal ban,sopir angkot,bus org batak ya…dengan sifat dan pendirian mayoritas org batak yg disampaikan tuppang diatas nggak mungkin lah bisa jadi seperti itu.
iya lae,kebetulan saya fansnya ruhut sitompul lae,terpaksalah kuterapkan ilmunya bos ruhut sama kawan2 lae.. soalnya aku batak kali lae,jadi kutunjukkanlah bagaimana kalo orang batak itu ngomong.. jadi bagi orang yg gak suka dengan cara ngomongku akan malu jadi orang batak lae.. sementara awak bangga kali sama batak lae… hampir2 mendekati sombong gitulah lae.. apaboleh buat lah lae,kalo soal ngomong kulayanipun klien semua… biar kubuat dulu gaya bang ruhut ngomong lae… he he he he he he.. peace..
kenapa pak’de togar.. keberatan kau kalo orang batak tukang tampal ban ya.. ingat orang batak penguasa udara di indonesia(tampal ban),penguasa tranportasi di indonesia(sopir angkot dan bus) berarti derajatnya penguasa(raja)… bukan seperti sukunya pak’de togar.. paling jadi babu,baby sister,penjaga toko,kuli bangunan,abang becak.. TKI.. berarti derajatnya budak toh…

9.       mey surbakti /br.sinaga
Saya halak toba boru sinaga, menikah dengan kalak karo merga surbakti. Dan menurut saya hampir kekuarga besar suami saya baik kok dan mereka tidak membeda beda kan antara toba dan karo. Sebaliknya keluarga besar saya, tidak pernah membeda beda kan karo dan toba. Malah waktu pernikahan kami 2 adat terlaksana dalam satu hari dan berjalan harmonis. Prosesi nganting manuk sampe maria raja berjalan mulus tanpa ada konflik krna perbedaan. Jadi buat apa sih di peruncing nambah2 daftar dosa aja. Mauliate bujur, horas menjuah juah.
o    Herman Siregar
Mantap ito,…
o    sembiring
sebagian orang karo tidak suka di katakan batak adalah kerugian dari segi kebudayaan leluhur.
kadang lagu karo, rumah adat karo, tari karo yg kadang di tulis totor karo oleh toba,, orang mengira smua itu warisan dari batak ( yg orang mengira hanya toba).
padahal itu warisan leluhur karo.
itu yg membuat orang karo tidak senang.
tekadang seperti ada unsur kesengajaan.

10.   LG
Orang Karo dibilang bodoh saya tidak terima kawan. Apakah anda tidak melihat ada 2 partai Islam pernah dipimpin oleh orang Karo yaitu PBB ketua nya Malem Sambat Karo Karo Kaban dan PKS dipimpin Tifatul Sembiring . Orang Karo paling kira kira 15 % beragama Islam dan seperti MS Kaban menjadi anggota DPR juga dipilih dari Sumatera Barat. MS. Kaban dan Tifatul Sembiring dipilih orang lain bukan dipilih orang Karo. Jadi bukan jago kandang kan.
o    Herman Siregar
Latar suku bukan menjadi ukuran seseorang itu bodoh atau pintar. Pandangan sperti itu benar2 picik menurut saya.

orang ke 3 adalah setan,jika ada yg merasa , baguslah berarti masih ada kesadaran semoga ALLAH SWT memberikan pintu taubat untuk dirinya.menurutku perdepatan yg konyol ini sungguh dinikmati salah satu etnis ,non toba dan karo.sedangkan fakta dilapangan etnis dia yg paling panatik&munafik menentang kalau dia bukan batak.mengapa pula dia berani2 nya membuat topik (Apa sebab org Karo tak mau disebut org Batak? ) mengapa bukan. mandailing bukan batak,
yg mengerti tentang suku kami sendiri karo dalah karo bukan yg lain.apa untung anda diperdepatan ini,bukanya ada kesimpulan yg ada malah perdepatan gak jelas dan saling caci maki,saya tidak terima kalau karo dihina toba seperti perbincangan diatas yg diakibatkan ulah anda.mau bukti yg nyata kalau mandailing itu munafik,panatik,alergi kalau dibilang batak,jangan minta buktinya pada saya,anda langsung kelapangan bukat lewat teori.silahkan anda ke kota binjai disana sangat banyak batak mandailing,jangan heran kalau mereka nanti tidak mau dibilang batak,jangankan dibilang batak mengaku mandailing pun mereka malu,saya bicara fakta,sebab sewaktu sekolah banyak sekali teman saya mandailing gak mau pake marga,setelah tamat baru ketauan mereka punya marga.
untukseluruh KALAK KARO, biarlah orang berkata apa, yg penting kita bahagia,dengan kebudayaan kita sendiri,yg berdiri sendiri.gak kan ada habis nya dibahas pun,
BIARLAH ANJING MENGGONGONG KITA BERLALU,TP KALAU DIGIGIT JANGAT GIGIT BALEK,TP PEKPEK TAKALNA,
YG WARAS NGALAH
o    IRWANTA tARIGAN
saya juga setuju dengan pandangan anda dan sangat sangat setuju. Namun saya menemukan kata-kata anda juga sangat pedas bagi golongan yang anda tuju. sebaiknya dalam membahasa perdebatan ini diselesaikan dengan sifat kebersamaan dan jangan ada rasa kebencian terhadap tingkah laku orang lain. perdebatan ini juga ada positifnya untuk membuka wadah yag mampu meningkatkan kebersamaan suku batak yang ada di sumut. Bujur ibas saranndu kalimbubu… sentabi ibas kata-kataku si kurang akapndu mehamat.

ini baru mantab,baiklah.. mandailing karo toba pakpak simalungun bersatulah..muslim maupun nasrani ato hindu ato parmalim.. akuilah bahwa kita memang suku yg keras kepala,kritis,cerdas,tak suka mengalah dan memiliki ego tinggi.. yang penting sekarang mari kita susun kekuatan untuk merebut kekuasaan dari orang jawa..
o    Pstruct
Saya dan rata rata generasi muda yang lain pun merindukan batak bersatu.kalau tidak,sepertinya jalan kita panjang berkelok dan terseok seok untuk meraih kejayaan,ah…jadi teringat jenghis khan yang berhasil menyatukan suku-suku mongolnya wah wah wah hasilnya luarrr biasa.kita hanya menunggu seorang saja tokoh,pemimpin kharismatik seperti hitler( bukan saya berarti membenarkan perbuatan jahatnya) tapi dia orang terakhir yang paling berhasil menyatukan manusia modern.melalui pendekatan persuasif.lihat saja kita ini membentuk protap saja tidak bisa,jangankan itu,untuk jadi gubernur saja di sumut lewat.bagaimana melakukan sesuatu yang besar yang lainnya?.untuk saudara-saudara di forum ini saya tidak rasis,tapi rasis itu penting! Asal pada porsinya,menurut perhitunganku hanya orang batak yang ke rasis san nya sangat kecil di banding suku lain di indonesia misalnya jawa,minang.tapi kalau kedalam atau sesama batak itu sendiri berbanding terbalik.untuk saudara-saudara yang merasa dia bukan batak padahal dia batak ayolah merapat,tolonglah berpikir bebas,agar batak ini eksistensinya di samakan dengan orang eropa.

13.   Ginting
Walaupun Karo adalah orang Karo, Karo bukan Batak, tidak berarti orang Karo bermusuhan dengan orang Batak hendaklah tercipta saling mengakui dan saling menghormati. Identitas orang Karo sudah jelas merga silima ( merganya lima) , punya bahasa ( bahasa Karo)dan adat istiadat( adat Karo) mandiri kalaupun ada persamaan dengan orang Batak kita syukuri saja .Setahu saya jika ada orang Karo nikah dengan orang Batak dalam pelaksanaan adat tidak bisa digabung, pelaksanan acara adat dilaksanakan secara terpisah dengan bahasa pengantar bahasa Indonesia, sebab orang Karo tidak mengerti bahasa Batak, demikian juga orang Batak tidak mengerti bahasa Karo.
mengapa harus masalah perbedaan dibuat menjadi suatu masalah yang dapat memecahkan suatu persaudaraan. klo menurut saya batak itu ada 5 (toba, karo, simalungun, mandailing, pakpak). jika dilihat dari adat-istiadat setiap 5 cabang ini, apakah kurang jelas bagi kita adanya persamaan yang mendekat? contoh maraga karo ada juga dalam marga toba. jadi kita terlalu mempermasalahkan itu. tandanya kita menabur permasalahan. dalam karo saja dikatakan gerejanya ada kata batak (GBKP). jadi kata itu sudah pasti dipirkan matang oleh pencetusnya.

14.   tarigan poedan
apa yang telah saya baca dari seluruh argumen bapak dan ibu sekalian bahwa telah tersirat bahwa orang karo dan toba memiliki cara pikir yang kristis dan keras kepala. sehingga saya menyimpulkan ada kesamaan dalam hal itu. maka karo dan toba mungkin masih dalam satu lingkup kerajaan besar.
o    Dini Susanti
ya pak, kerajaan keras kepala.

15.   tarigan poedan
yang perlu kita terapkan sekarang adalah bagaimana kita orang sumut dapat menjadi pemimpin negara ini.
o    luhut marbun
yah…bagus sekali…kalau tidak…pemimpin sumut tak bisa…buktinya…pemilu gubsu 2013…toba keok…mandailing keok…..karo tak muncul….simalungun tak muncul…jawa/melayu pemenangnya…….kita ribut saja mengenai…karo bukan batak…pakpak adalah pakpak…mandailing bukan batak…..karena itu bersatulah……

16.   livon gayorr
mantap x saran roy simatupang….salam anak gayo
salam jga lae.. sy ingin tahu bahasa gayo.. horas..

17.   Paul Sijabat
kita orang sumatera itu satu hati,.. sama2 punya watak keras,..musuh yg nyata menjajah pulau kita itu adalah jawa….lihatlah di sumut sendiri,mereka berkuasa,..sukses karena program transmigrasi buatan jawa..bersatulah kita yg di sumatera ini…horas..menjuah juah..

Ya betul……
Saya sangat setuju dengan pak sijabat…
ngapain kita urusi perihal ituu…….
sampe sitakilen kita………….
lebih baik kita urus para pendatang yang melaini
jangan nanti sumatra utara ini bukan lagi milik orang sumatra utara
itu lah yang perlu kita ketahui………….


19.   Katengah
mudah mudahan generasai muda yg masih belajar di dunia pendidikan tidak terprofokasi oleh perdebatan konyol ini , leluhur kita dahulunya tidak pernah memperdebatkan ini , bahkan menjalin persahabatan dan kekeluargaan untuk menjadi bangsa yg besar . cintailah warisan leluhur , indahnya hidup di aneka ragam suku Nusantara sehingga membuat iri bangsa2 penjajah terdahulu .
salam merah putih 


20.   jansen roses
begitu banyak yang saya baca artikel silsilah maupun asal muasal nenek moyang suku dan sebagainya..semuanya kabur dan gak jelas membuat bingung banyak orang dan entah yang mana mau dipercayai…siapa yg jamin itu semua adalah benar…! yang saya tahu manusia pertama dibumi adalah ADAM dan hanya tuhan ALLAH ialah penciptanya dan saya percaya IA benar..
  

About willem andrea

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.