Powered by Blogger.

12 May 2017

Tag:

Komentar - komentar Karo & Batak menganai “Apa sebab orang Karo tak mau disebut orang Batak?” Part #2

1.       bukhori ginting
kalau itu sy setuju, yg sy sesalkan knp bpk tidak memberikan argumen yg menekankan logika untuk menyanggah pendapat saudara simatupang yg jls2 merendahkan suku2 yg lain. jd bpk seolah2 setuju dgn pendapatnya.

o    Herman Siregar
Makasih atas masukan pak Bukhori Ginting, dalam kajian sosiologis, perbedaan karena suku disebut diferensiasi sosial bukan stratifikasi sosial. diferensiasi itu secara sederhana merupakan pengelompokan masyarakat menurut kriteria tertentu (suku atau sub suku misalnya) secara horizontal/setara/setingkat.


2.       Gabriella bru Ginting
Roy van Halen Simatupang @ Terimakasih atas pengakuan bapak bahwa kami KARO BUKAN BATAK ,,,Karena pada dasarnya pun KAMI RAKYAT KARO menyebut diri kami MERGA SI LIMA yang sekaligus menamakan dirinya KALAK PEMENA yang dapat pula di artikan dengan (ORANG ORANG YANG MENGAWALI) .
Kata BATAK tersebut bisa pula kita artikan menjadi PERAMPOK atau juga PEMBANGKANG ..pada zamannya ketika AGAMA masuk ke tanah air ,,dan dengan dasar yang kuat bahwa KARO pada zamannya itu pula sudah memiliki kepercayaan akan adanya DIBATA (TUHAN) dari itu KARO pernah di paksa untuk memilih salah satu agama yang ditetapkan oleh negara kita ..
Karo adalah satu suku yang sejak dulu mengutamakan KASIH dan suka damai, cinta akan alam , menghormati arwah arwah leluhurnya dan cinta akan Tuhan.
Karo juga sejak dulu kala di lindungi oleh ADAT yang saat ini adat tersebut semakin lama semakin sirna seperti layaknya juga suku suku lain di negri tercinta saya kira .
Apabila Bapak merasa ingin memBATAKKAN suku suku lain memang sangat jelas terlihat pada TROPENMUSEUM di AMSTERDAM kalau seluruh kekayaan KARO di tuliskan dengan code “BATAK”padahal kekayaan itu adalah milik KARO ….apakah BATAK bangga dengan PERAMPOKAN HAK MILIK KARO tersebut …???
Tuhan memberkati kita semua pak dan dalam KASIH Nya ,,(MEJUAH JUAH KITA KERINA )

3.       green land paradise
Ada Tulisan mengatakan jika Gayo Alas keturunan Raja ‘Batak’ ( http://bakkara.blogspot.com/2006/05/toga-laut-leluhur-gayo-alas.html?
m=1 ) sementara penemuan
terakhir : https://hurahura.wordpress.com/2012/06/25/
ditemukan-fosil-dan-anyaman-
berusia-7-400-tahun/
coba kita analisa tentang perbedaan info diatas

4.       van halen simatupang
gabriella br ginting.. trimakasih atas dukungannya terhadap teory KARO BUKAN BATAK..memang benar itu punya teori.. kami bukan musuh kalian.. bahkan kami menganggap kalian adalah saudara dekat kami.. yang penting kita harus lebih intens lagi menjelaskan bahwa karo itu memang bukan bagian daripada batak.. ini semata mata untuk membantu masyarakat karo itu sendiri.. supaya mereka tidak bingung utk menentukan siapa dirinya sebenarnya,darimana asalnya,siapa grandfathhernya.,darimana asal usulnya.. sya sbgai orang batak turut membantu utk menemukan siapa sebenarnya leluhur orang karo itu.. karena bagi kami org batak sudah jelas siapa leluhur kami,darimana asalnya,bagaimana kekerabatannya,dari mana kami dilahirkan,siapa yg menurunkan kami,bila penting kamipun bisa menyebutkan nama2 oppungkami(gelar,panggilan) satu demi satu.. mulai dari si Raja Batak sampai nama saya generasi yg ke 16.. sebab bagi kami orang batak sdh sangat jelas siapa GRANDMASTER kami.. oppungi SIRAJA BATAK.. dan kami org batak sepakat itu.. blm ada seorangpun orang batak toba yg brani menentang itu.. sebab itulah apa adanya kami.. semua marga batak toba mengarah pada SIRAJA BATAK.. saya ntidak menghina siapapun, suku apapun,tapi saya hanya mau menjelaskan begitulah orang batak adanya.. sebab sy jg menjelaskan kekurangan dan kelebihan org batak.. seperti penjelasan trsbt diatas dan itu sy terima.. karna kami org batak tdk mau menerima enaknya saja.. tapi kami jga siap menerima pahitnya.. kami tdk malu dan kami tdk munafik..
o    gumarapus
ribakkon lae.. he he..
o    Marningot
banyak se-x pun ceritamu lae simatupang. Terlalu memaksa kau lae….
o    Suprie
mantap lae
o    Riski Dasnari Ginting
Batak = Toba?
atau
Batak = Batak
Toba = Toba
Tidak ada kelebihan dan kekurangan yang perlu dijelaskan,,, kampungan kali statement kawan ini…
intinya batak itu identitas, Suku itu ya Toba, Karo, Simalungun, dll lah…
yang buat pembicaraan dari awal ini pun longor kali… udah tau bakal jadi ajang debat ga penting, malah di buat.
ga penting batak, karo atau apa lah,, pertanyaannya, udah berapa besar berbuat untuk indonesia?
sombong2 kali kawan2 ini… macammmmm betuulllllll aja pun…..
tong kosong nyaring bunyinya, gentang gentong kosong banyak bicara, oceh sana sini ga ada isi, otak udang ngomongnya sembarang.
§  Pstruct
Di jaman modern ini semenjak galileo menjatuhkan bola dari atas menara pisa untuk menyangkal teori aristoteles,bahwa perdebatan itu penting,apa anda pikir apa yang dilakukan jaksa,pengacara dipengadilan itu bukan perdebatan?.bahkan untuk menentukan sesuatu di dunia ini harus lulus dari perdebatan.kita hanya berdiskusi di sini,sebab kita negara demokrasi.dan sepertinya saudara riski dasnari ginting ini sudah berbuat sesuatu untuk indonesia.

5.       van halen simatupang
appara herman siregar.. situmorang,pandiangan,sinaga,aritonang,simatupang,siregar,nainggolan adalah anak oppunggi Siraja Lottung.. artinya simatupang siregar memang abang adik.. mohon maaf kalau sy salah mengurutkan ke 7 marga td..
o    Marningot
kalian suka sekali memiripkan dengan bangsa israel. tengok dululah fisik kalian lae mirip atau tidak dengan orang israel. ndak usahlah terlalu berlebihan
santai ajalah lae.. kitakan hanya manas manasin orang itu he he..

6.       van halen simatupang
satu lagi,hanya marga SIREGAR lah di mandailing yg kuat darah bataknya.. biasanya marga siregar tdk membantah habatakonna.. dimanapun dia berada,di malasya sekalipun hanya marga siregarlah yg sangat berat menolak habatakonna.. setiap marga siregar biasanya bangga akan marganya,dan selalu memakainya.. tak heran dari marga ini banyak orang2 hebat.. proud to you SIREGAR…
7.       van halen simatupang
Gabriela br ginting.. seperti motto org batak tadi.. “HABBING MARALOHON DONGAN,BANTENG MARALOHON MUSU”.. karena kalian orang karo kami anggap dongan sahabat dan saudara kami.. maka kalo anda mengatakan kami adalah perampok.. yah kami terima,kami mengalah seperti kambing.. mungkin benarpula adanya.. trus sy mau ngomong apa lagi.. itulah sebabnya jarang orang tapanuli mau menanggapi komentar kalian yg ngotot karo bukan batak.. sebab dia menjadi kambing kalo melawan saudara.. kebanyakan dia mengalah dan bersabar saja.. sambil mengelus elus dada.. seperti seorang abang yg bersabar membimbing adiknya yang nakall..
8.       bukhori ginting
hehehe,jd bingung sy melihat komen2 lae simatupang ini. satu sisi lae mengatakan mendukung karo sbg suku yg bukan batak, di lain sisi komennya seperti krg suka dgn pengikraran org karo sebagai suku yg bukan batak. oke lae, salam kenal buat lae.
o    Ahmad Bahagia
Saya pribadi sangat bangga dengan teman-teman yang mau berdiskusi seperti ini, tentunya ini akan sangat membantu teman-teman yang lain. Mudah-mudahan apa yang disampaikan dapat membawa kebaikan buat kita semua. Saya sendiri dari suku batak banyak keluarga saya yang berumah tangga denan suku Karo maga Ginting, Sembiring dll. semuanya baik-baik dan apa yang dikemukakan oleh lae Simatupang tentang karakter orang batak adalah benar dan begitu jga dengan saudara kita dari Karo mereka lebih lembut dan bergelombang didalam berkomunikasi. Semuanya ini adalah anugrah Tuhan terhadap semua suku bangsa yang ada didunia.
Silahkan dilanjutkan saudaraku semuanya semoga kita bisa mengambil manfaat dari diskusi ini. salam kenal buat rekan-rekan semua.
Ahmad Bahagia Siregar, Clegon, Banten
itulah tandanya mpal orang batak itu bijaksana.pengasih dan tidak pendendan.. he he lanjut pal..

9.       RAJ SUMBAYAK
parah…….
berpendidikan tapi tidak tercermin dalam tutur kata. Lebih baik tidak berpendidikan namun santun…… TIDAK AKAN PERNAH BERUBAH KINI DAN SEPANJANG MASA, DAN SIFAT ANDA INILAH YANG AKAN MENJADIKAN ANDA MENUJU KEHANCURAN WALAU SEKARANG SEBAGAI POSISI SUPERIOR. TINGGAL TUNGGU WAKTU SAJA……

10.   tupang israel
memang orang batak itu seperior coy.. karena bangso batak adalah bangso natarpasuapasu.. walaupun jugul dan nakal tetapi selalu diangkat Tuhan.. mirip2 israel gitulah..

11.   tupang israel
orang atau suku yang mengandalkan sopan santun sbg patokan akan jauh tertinggal di belakang.. siap siap dijajah dan diperbudak oleh orang yang keras dan kasar.. liat sejarah romawi,kolonial inggris,amerika.. mereka adalh bangsa yg keras kasar dan sportif.. jadi jgn heran kalo simalungun jga dikuasai oleh orang batak,karo jga ntar lagi akan kita invasi.. banyak pengusaha batak yang akan menanam sawit membuat perkebunan di tanah karo,bahkan periode yang lalu orang batak jga mencalonkan diri menjadi bupati karo.. tapi blm berhasil,waspadalah hai kamu orang karo kami mengintip kapan bsa menjadi raja di rumah kalian..
o    HOTMARTUA SITUMORANG
Tupang: Jangan jd sombong gitulah cess… Songon EME naunduk ma ateh.. Mauli ateh
ok lae.. he he..

12.   ronal burian..
impal bukori ginting jangan bingung kawan.. orang bingung itu biasanya orang yg gak teguh pendiriannya.. alias orang gak punya prinsip,apakah semua orang karo kyak impal ini suka bingung.. tirulah orang batak gak pernah bingung,dia punya style tersendiri dan tdk mudah dipengaruhi,oleh karena itu dia tdk pernah bingun..
o    B.Ginting
hehehe, hebat ternyata orang batak itu”malaikat”, karena gk punya rasa bingung dan gk pernah bingung.
jgn terlalu mensuperiorkan suku tertentu bos, salam……..

13.   ronal burian..
ntar lagi orang karo ini bingun liat greja BATAK karo protestan,gak orang batak tapi pake nama batak pd grejanya.. supaya gak jadi suku pembingun.. lebih baik klien pulangkan milik orang batak yang klien ambil buat greja klien.. supaya klien gak bingun..
o    B.Ginting
kalau soal itu sy gk brani komen bos, gmana pula dgn orang karo yg muslim?
gk pernah sy jumpai di masjid yg letaknya di tanah karo menggunakan katak batak.
§  B.Ginting
dan satu lagi bos, gk semua org karo penganut kristen menggunakan GBKP sbg gerejanya.
§  B.Ginting
HKBP (1861- Lutheran Jerman) dan GBKP (1890-Calvinis Belanda) selisihnya 29 tahun, karena itu HKBP lebih dulu punya seminari di Sipoholon. Pada thn 1940 misionaris Belanda mengirim 2 Guru Injil Karo ( P.Sitepu dan Thomas Sibero) belajar ke Siminari Sipoholon Tarutung serta ditahbiskan menjadi pendeta pertama GBKP pada Sinode I tahun 1941 bersamaan dengan penetapan nama GBKP tsb. Jadi nama “Batak” di GBKP sekedar “penghargaan” terhadap Seminari Sipoholon tempat pendidikan para pendeta pertama orang Karo tsb.Jelas bahwa label Batak tsb dibuat oleh para misionaris (Jerman dan Belanda ketika itu), bukan representasi suku Karo. Pada saat itu orang Karo yg telah menjadi Kristen baru berjumlah seribuan dan tidak mendapat tempat khusus di masyarakat Karo khususnya tokoh2 masyarakat dan para pejuang, krn dianggap komprador penjajah Belanda. Ingat thn 1941 ketika nama GBKP ditetapkan kita masih dalam suasana penjajahan shg hampir bisa dipastikan penamaan itu bukan atas inisiatif org Karo. Ke depan ada kemungkinan diganti sesuai perkembangan aspirasi masyarakat.
§  B.Ginting
keterangan ttg asal usul GBKP sy ambil dr komen senina Robin g munte (mgkn beliau lbh berkompeten menjelaskan ini)

14.   RAJ SUMBAYAK
OH…. MERASA DUPLIKAT ORANG ISRAEL….. hahaha…..bagus2……!!!!!
Merasa orang amerika hahahahaha…… Maw datang nginvasi….????? Datanglah………. kami siap menjamu………!!!!!
Israel hun ja ma ham gonai do gan……???? Mela diri holi anggo das sahap bangsa israel dah lawei anggo lang bani…….. SISOYA-SOYA MA HAM GONAI MARSAHAP, TENE LAWEI……

15.   green land paradise
Kenapa harus menjadi Kontradiksi negatif, jikalau memang ada statement seperti itu harusnya masing-masing dari kita saling menilai diri masing-masing baik yang positif dan yang negatif. Dan mencari jalan keluar serta benang merahnya bukan karena unsur suka atau tidak suka menekankan kelemahan suku, tanpa kita sadari diluar sana orang tertawa melihat tingkah seperti ini. Kalau memang kita JAGO – PINTAR harusnya lebih bijaksana menemukan solusinya, bukan berdebat kusir. Sekali lagi kita lihat dan telaah dengan seksama link ini : https://hurahura.wordpress.com/2012/06/25/
Terima kasih, salam persahabatan buat semua teman-teman.

16.   robin g munthe
Kalau harus membandingkan, Saya hanya melihat dan mengakui orang Batak menang dalam 3 hal dari orang Karo : populasinya lebih besar minimal lima kali lipat, 29 tahun lebih dahulu dijamah misi Kristen oleh karenanya lebih dahulu masuk dalam pendidikan modern, serta lebih dahulu keluar dari Sumut (merantau). Kalau harus ditambahkan lagi menang “ngomong gedenya” spt Sdra Roy Van Halen Simatupang itu. Tapi tidak seluruh Batak ngomong gede kayak dia, banyak yang rendah hati. Saya dan beberapa keluarga dekat saya kawin mawin dengan orang Batak, jadi saya AGAK TAHU kehidupan orang Batak. Pengalaman saya lebih 32 tahun keluar dari Sumut dan tinggal di berbagai daerah Indonesia menyimak apa yang dikatakan RVHS sebagai ” Batak superior, cerdas, gigih dll” apalagi pernyataannya “Tetapi di perantauan kami orang Batak siap membela dan melindungi kalian orang Karo” tidak demikian kenyataannya, setidaknya dalam pengamatan dan pengalaman pribadi saya. Kami orang Karo sama sekali tidak membutuhkan perlidungan apapun dari anda. Di bidang pendidikan, kehidupan sosial politik dan ekonomi pun demikian halnya. Seharusnya anda tanya diri anda sendiri “apakah orang Karo merasa aman dan nyaman berdekatan dengan kami orang Batak ???”. Jangan buru-buru sok melindungi. Siapa anda mau melindungi kami ???. Cobalah pengamatan anda lebih tajam, luas dan aktual. Kalau membandingkan itu cari indikator yang setara, jangan asal membandingkan seenaknya. Itu kalo anda ingin sekali membandingkan Karo dan Batak. Janganlah angkuh dan merasa besar dan pintar sendiri. Seharusnya yang mengatakan kita besar adalah orang lain, bukan diri sendiri. Kecuali anda memang gak punya rasa malu. Kalo gitu anda menang lagi, menang gak punya rasa malu. Seharusnya yang mengatakan org Batak hebat adalah orang lain, non Batak. Orang-orang seperti RVHS harus banyak belajar sehingga pernyataannya lebih masuk akal. Tapi pernyataan anda ” kalian orang Karo bukanlah orang Batak” saya setuju 100 persen. Terima kasih untuk itu dan sudilah kiranya membantu mensosialisasikannya diberbagai kesempatan agar misi kami cepat tercapai.
o    drianto
sembiring sama tampubolon, perangin-angin sama sinaga, dan masih banyak lagi, GBKP(Gereja Batak Karo Protestan), tolong dijelaskan, kita tidak perlu adu argument yang dapat memecah belah SUMUT. Daerah sumbar aja macam-macam sukunya, tapi klo merantau apa katanya, orang minang khan?.. jadi kita anggap aja batak terdiri dari bermacam-macam suku(toba,simalungun,dairi,pak-pak dll). lagu biring manggis dipakai orang toba diadat, itu adalah bukti bahwa kita satu, jadi tolong jangan diperuncing masalah ini, klo bisa kita cari jalan keluarnya. Ok
§  robin g munthe
HKBP (1861- Lutheran Jerman) dan GBKP (1890-Calvinis Belanda) selisihnya 29 tahun, karena itu HKBP lebih dulu punya seminari di Sipoholon. Pada thn 1940 misionaris Belanda mengirim 2 Guru Injil Karo ( P.Sitepu dan Thomas Sibero) belajar ke Siminari Sipoholon Tarutung serta ditahbiskan menjadi pendeta pertama GBKP pada Sinode I tahun 1941 bersamaan dengan penetapan nama GBKP tsb. Jadi nama “Batak” di GBKP sekedar “penghargaan” terhadap Seminari Sipoholon tempat pendidikan para pendeta pertama orang Karo tsb.Jelas bahwa label Batak tsb dibuat oleh para misionaris (Jerman dan Belanda ketika itu), bukan representasi suku Karo. Pada saat itu orang Karo yg telah menjadi Kristen baru berjumlah seribuan dan tidak mendapat tempat khusus di masyarakat Karo khususnya tokoh2 masyarakat dan para pejuang, krn dianggap komprador penjajah Belanda. Ingat thn 1941 ketika nama GBKP ditetapkan kita masih dalam suasana penjajahan shg hampir bisa dipastikan penamaan itu bukan atas inisiatif org Karo. Ke depan ada kemungkinan diganti sesuai perkembangan aspirasi masyarakat.
bahasa bataknya birong manggis(hitam manis kayak buah manggis)..
sama sama mpal.. ok,, peace..

17.   ROY VAN HALEN SIMATUPANG ISRAEL
ulang mela lawei.. lang boi holi maju angow mela2 do hanima.. ikonn barani do lawei marsahap.. batak israel do i lawei.. lang ibotoham dope adong tugu di yerusalem marukirhon marga2 BATAK.???? lang ibotoh ham ope dong anggota MOZZAD YIZRAEL halak BATAK???? apalagi hanima halak simalungun.. sangat jelas berasal hun toba.. sinaga sin sinaga toba do i lawei sian huta urat samosir do bonapasogit ni.. DAmanik sin manik,sagala ,malau, pasaribu sin SILAU RAJA sian samosir sianjur mulamula do in lawei.. saragih sin saragi,siadari,sidauruk sian toba do in homa tene.. purba sin purba toba ai ma simamora.. ulang jadi simardan hita homa halak batakon.. holi marah TUHAN..

18.   ROY VAN HALEN SIMATUPANG ISRAEL
he he.. impal robin munte.. itulah hebatnya orang batak ngomong gede walaupun otaknya nol.. tetapi masih juga didengarin.. alhasil orang batak yang ngomongnya gede dan otaknya nol bisa memimpin dan menguasai orang yg sikit ngomong walaupun punya pengetahuan.. jadi bayangin aja mpal gimana lagi kalo ada orang batak yg ngomongnya gede dibarengi dgn kecerdasan dan kepandaian yang mumpuni pula.. he he.. bingun jadinya ya mpal…
o    Biring
sya tidak paham,anda itu keturunan Bangsa Israel yg mana dari 10 suku yang hilang.
setahu sya org Jahudi tidak makan daging Babi karena itu adalah Haram.dan sepuluh suku yang hilang itu adalah Kerajaan Israel Utara yg bersekutu dg Ilah Ilah lain yang dilarah oleh YHWH.mungkin salah satu ketidak patuhan mereka hingga mereka kena murka Allah adalah karena mereka makan yg anda Makan.
anda mengatakan”lang ibotoham dope adong tugu di yerusalem marukirhon marga2 BATAK.???? lang ibotoh ham ope dong anggota MOZZAD YIZRAEL halak BATAK????”
Jangan salah di Israel itu di bisniskan Silih.ada juga Doa Bapa Kami dalam bahasa Toba dan Karo di sana dan itu Di Bayar cukup lumayan mahal.dan saya Tahu itu siapa dan bagai mana Loby lobynya Silih.
anda sudah Tahu bahwa Israel tidak mengakui org Toba adalah keturunan Jahudi?
Saya juga paham bagaimana org Toba seperti anda gambarkan,anda pasti tahu Hukum Archimedes.bukankah di Samosir sana kurang begitu subur?itu adalah salah satu faktor mengapa org Toba begitu gigih di perantauan,karena di kampung asal apa yg mau diolah di samping itu populasinya pun tinggi.dan saya salut akan perjuangan saudara saudara org Toba.berbeda dengan org Karo,boleh di kata umunya Dataran tinggi Karo tanahnya subur dan hal itu juga yg menyebabkan banyak org org Toba di Tanah Karo terkhusus di Berastagi.itu berlangsung sejak dahulu anda tahu apa kerja mreka?dan itu tidak masalah dgn org Karo.
§  Herman Siregar
Terima kasih atas tanggapan semuanya, sebagai pemilik blog ini, saya berharap agar sahabat2 semua tetap menjaga etika dalam berdiskusi.
o    Riski Dasnari Ginting
tong kosong nyaring bunyinya = NERAKA
(Kalau Ngerti AGAMA)

19.   drianto
BERSATU KITA TEGUH BERCERAI KAWIN LAGI……..HEHEHEHE…… KLO BEGINI KOMENT ANDA SEMUA, DIPERANTAUANPUN AKAN TERJADI KAWIN SATU MARGA CONTOH TAMPUBOLON DENGAN SEMBIRING, PERANGIN-ANGIN DENGAN SINAGA DLL, Jangan kita mencari pembenaran sendiri nanti akan hancur, tapi lihatlah persamaan diantara kita simalungun,toba,pak-pak,dairi,mandailing,melayu deli,nias suku yang ada di SUMUT, SUMBAR aja punya banyak suku, tapi klo keluar daerah mereka bilang MINANG, tolong jangan mau dipecah belah orang pintar(yang mau cari nama). GBU.
o    robin g munthe
Saya keturunan Ginting Munthe dan hanya terikat tidak boleh kawin dengan sesama merga Ginting (sekitar 16 cabang) dan merga lain sesuai peradatan Karo. Tidak pernah nenek moyang saya melarang saya kawin dengan marga atau orang apapun di luar masyarakat Karo. Yang saya patuhi tentu nenek moyang saya dong, bukan nenek moyang org lain. Hal lain adalah kita tetap kompak dan bersaudara sbg sesama org Sumut walau suku berbeda. Sama seperti org Flores, Sumba, Rote, Manggarai, Alor, Belu dan Lio di NTT, atau Toraja, Makassar, Bugis dan Mandar di Sulsel, atau Banten, Sunda dan Badui di Jawa bagian Barat. Penegasan identitas dan suku sama sekali tidak mengubah persahabatan dan keindonesiaan kita. Justru identitas keindonesian kita berwarna warni lebih terang.
§  Riski Dasnari Ginting
Parna semua ga boleh bang….
saya Ginting Seragih… kalau kawin sama marga Saragi atau Saragih?!
lucu lah…
kalau ga salah Munthe juga ada yang simalungun ya?



About willem andrea

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.