Powered by Blogger.

24 May 2017

Tag:

Video : Saat - Saat Bupati Karo Dan Tim Geologi Berada di Danau Baru Zona Merah Sinabung


Riong Medan News - Kepala Badan Geologi DR. Ir. Ego Syarial,M.Sc beserta Ir. Kasbani M.Sc Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi dan Ir. Gede Suantika, M.Si. Thomas Joverson Ginting Anggota DPRD Karo , serta Armen Putra, petugas Pos Pemantau (PVMBG) yang beralamat di jalan Kiras Bangun, Desa Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Rabu (24/5) pukul 10.30 wib bertemu dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH , diruang kerjanya.

Kedatangan rombongan kepala badan Geologi beserta rombongan cukup sangat singkat pertemuan dengan Bupati karo, dimana kepala badan geologi menyampaikan pesan dari Presiden RI Joko Widodo bahwa gunung merapi sinabung telah terbentuk danau buatan di kaki gunung, sehingga saya beserta rombongan akan turun ke zona merah utk melihat kebenaran tersebut , utk nantinya ada bahan RATAS di Istana, ujar Ego Syahrial

Usai pertemuan yang singkat tersebut kepala badan geologi Ego Syahrial mengajak Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, untuk ikut mendampingi ke lokasi Zona merah yang ada terbentuk danau di kaki gunung sinabung.

Sementara di lokasi kaki gunung Sinabung rombongan kepala badan Geologi Ego Syahrial menuturkan didampingi Bupati Karo tiba di lokasi seperti danau buatan dan oleh kepala badan Geologi berpesan di lokasi agar di Zona Merah tersebut semua rombongan tidak bisa lama lama berada di zona merah dan hanya bisa 10-15 menit untuk melihat danau tersebut .tegasnya .
Terpisah, setelah rombongan keluar dari Zona Merah Bupati Karo menuturkan kepada awak media " bahwa itu bukan danau tapi aliran sungai " yg telah terbentuk seperti waduk/danau dan diharapakan kepada masyarakat jangan memasuki ke zona merah tersebut. Tegas Terkelin Brahmana.

Kepala badan geologi Dr.Ir. Ego Syahrial mengutarakan kepada awak media ketika dimintai komentarnya mengungkapkan tujuan ke lokasi adalah untuk melihat informasi adanya danau buatan di kaki gunung merapi sinabung untuk bahan Ratas Kabinet di Istana Negara , disamping itu untuk memantau peralatan, sarana dan prasarana yang telah dipasang berupa sensor ultrasonik untuk mendeteksi adanya gemuruh dari dalam tubuh gunung. Sensor tersebut akan memberikan informasi melalui databse yang kemudian dihubungkan pada perangkat komputer atau gadget lainnya tentang seberapa besar kekuatan gemuruh dalam tubuh gunung.Ujarnya.

Ditambahkan Gunung berapi yang akan meletus biasanya akan menimbulkan getaran sekaligus gemuruh. Hal itu terjadi karena desakan dari dalam perut gunung yang memaksa untuk keluar dari dalam kawah, sehingga timbul getaran dan kemudian disertai dengan gemuruh, imbuh Ego Syahrial.


Oleh : Trims Bring

About willem andrea

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.