Inilah Dia 10 Penyebab Penyakit Kanker - KARO GAUL

Karo Gokil

Post Top Ad

28 June 2017

Inilah Dia 10 Penyebab Penyakit Kanker



Riong Medan - Selama ini faktor penyebab kanker yang kamu ketahui adalah pola hidup yang tidak sehat mencakup merokok, terlalu banyak konsumsi junk food, hingga waktu yang istirahat yang tidak memadai.

Padahal masih ada hal-hal di sekitarmu yang bisa mencetuskan munculnya sel kanker dalam tubuh. Apa saja? Dilansir dari boldsky.com, inilah daftarnya.

1.       Pengharum Ruangan
Tidak ada yang menginginkan rumah atau mobilnya bau bukan? Untuk itulah kamu perlu pengharum ruangan. Sayangnya pengharum ruangan ini mengandung zat kimia tertentu seperti asetaldehida, benzaldehida, atau metil pirolidon yang mampu membahayakan kesehatan pernapasan dan menyebabkan kanker.
2.       Minuman Beralkohol
Konsumsi minuman beralkohol secara jelas mampu meningkatkan risiko kanker. Sebab alkohol diketahui bisa merangsang sekresi asam lambung yang merusak lapisan saluran pencernaan dan membahayakan kesehatannya.
3.       Pil KB
Pil KB telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara, kanker serviks, dan kanker hati.
4.       Nyala lilin
Lilin yang terbuat dari parafin ini bisa dibakar akan bersifat karsinogen. Cahaya lilin sama sekali tidak akan menimbulkan masalah kesehatan. Namun pembakarannyalah yang harus diwaspadai.
5.       Asap mobil
Paparan asap mobil terutama yang berbahan bakar solar akan meningkatkan risiko kanker paru-paru. Hal ini terjadi karena mesin diesel memiliki jumlah partikel lebih tinggi yang diketahui akan menyebabkan asma dan kanker paru-paru.
6.       Kosmetik
Penggunaan kosmetik memang bisa membuat wanita terlihat cantik. Namun bahan kimia tertentu dalam kosmetik seperti benzofenon-3 serta karsinogen seperti formaldehid, benzena, toluena dan 1,4 dioksan akan diserap oleh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kanker kulit jika digunakan secara berlebihan.
7.       Granit
Tak banyak yang tahu bahwa batu granit bisa menyebabkan kanker sebab granit akan memancarkan radon, gas radioaktif yang akan meningkatkan risiko kanker.
8.       Pasta gigi
Adanya fluoride di dalam pasta gigi telah dikaitkan dengan jenis kanker tulang yang disebut dengan osteosarcoma. Pasta gigi juga mengandung triclosan yang bisa menyebabkan perkembangan tumor dalam tubuh.
9.       Makanan yang dibakar
Makanan yang dibakar seperti sate atau BBQ memang enak. Namun makanan ini juga mampu meningkatkan risiko kanker perut, usus besar, dan pankreas. Sebabnya saat makanan ini dibakar, maka asam amino yang membentuk protein diubah menjadi amina heterosiklik (HCA), yang dikenal sebagai zat karsinogenik.
10.   Makanan kaleng
Lapisan plastik Bisphenol A yang menjadi pelapis wadah makanan kaleng akan menyebabkan gangguan hormon dan perubahan DNA yang bisa menyebabkan kanker payudara.

Beberapa hal di sekitarmu secara mengejutkan mampu meningkatkan risiko kanker. Memang menghindarinya secara 100% tidak bisa dilakukan. Namun kamu bisa meminimalisir pertumbuhan sel kanker dengan selalu menerapkan pola hidup sehat guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai penyakit, termasuk kanker.
Post a Comment

Post Top Ad