Powered by Blogger.

15 June 2017

Tag:

Jeremia Kaban : Sulitnya Mengurus SIM di Kota Medan Ini


Sulitnya mengurus SIM di kota medan membuat warga medan resah , mulai dari pengurusan sertifikat MSDC yang sulit dan sangat mahal dan ujian ujian yang diberikan oleh satlantas.Saya memiliki cerita yang menyatakan bahawa membuat sim dimedan sangat rumit dan ini terjadi tadi pagi (15/06/2016).

Saya bersama ayah saya pergi untuk mengurus sertifikat MSDC yang berada di jl.bilal, ketika saya sudah sampai di sana saya harus fotocopy ktp terlebih dahulu, lalu saya masuk kedalam.Pada saat saya ingin masuk kedalam saya ditanya oleh penjaga yang berada didepan 
"Mau mendaftar sertifikat MSDS atau mengambil sertifikat dek?" 
lalu saya menjawab "Mau mendaftar pak."
"Mau daftar untuk sim apa?" tanya bapak itu
"SIM C untuk motor pak" saya jawab
"ohh.. ini nomor antrian nya, harga untuk membuatnya 421 ribu ya" katanya
lalu saya terdiam dan berfikir mengapa sangat mahal untuk membuat sertifikat ini? bukankah dengan harga yang begitu mahal membuat orang menjadi malas mengurus sim? dan dengan harga yang mahal tersebut orang akan berfikir bahwa ini sama saja seperti pungli? apalagi ketika ujian teori dan ujian praktek yang kemungkinan berhasilnya juga kecil.Lalu saya kembalikan nomor antrian untuk mengurus sertifikat tersebut dan saya kembali kerumah saja.

Menurut saya harga untuk pembuatan sertifikat MSDC sangatlah mahal, apa bedanya dengan cara membuat SIM dengan calo, bahkan harga nya bisa lebih murah lagi. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang malas untuk membuat dim dikota medan, mulai dari prosedur yang rumit dan juga harga yang sangat mahal, apakah mereka tidak berfikir bahwa orang memang membutuhkan sim karena rata rata pekerjaan membutuhkan sim sebagai salah satu syarat untuk bekerja.Saya berharap Bapak Polri bisa meninjau ulang mengenai syarat sertifikat MSDC ini.

About Jeremia kaban

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.