Menurut Anies Jargon ‘Saya Indonesia Saya Pancasila’ Kurang Tepat, Mestinya Begini - KARO GAUL

Karo Gokil

Post Top Ad

5 June 2017

Menurut Anies Jargon ‘Saya Indonesia Saya Pancasila’ Kurang Tepat, Mestinya Begini


Riong Medan - Anies Baswedan mengkritik jargon ‘Saya Indonesia, Saya Pancasila’ yang ramai digaungkan di media sosial belakangan ini. Menurutnya, jargon yang awalnya dipopulerkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menyambut hari lahir Pancasila 1 Juni itu kurang tepat secara tata bahasa.

“Spiritnya bagus, tapi secara tata bahasa kurang tepat. ‘Kita Indonesia Kita Pancasila’ lebih tepat,” ucap Anies dalam sambutannya dalam acara KAHMI di kediaman Akbar Tanjung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (3/6).

Dalam penjelasannya Anies mengatakan kalimat ‘Saya Indonesia Saya Pancasila’ berarti tidak merangkul satu sama lain.

“Kalau pakai kata saya, akan timbul pertanyaan, lalu Anda siapa? Kalau ‘kita’, cenderung bersama-sama dan saling merangkul,” ujarnya.

Berawal dari unggahan video Presiden Jokowi berjudul ‘Saya Pancasila’ beberapa waktu yang lalu. Jargon ‘Saya Indonesia, Saya Pancasila’ menjadi viral. Video berdurasi 34 detik tersebut berisi pesan tentang pentingnya Pancasila sebagai pegangan dan perekat keutuhan NKRI.

“Pancasila itu jiwa dan raga kita. Ada aliran darah dan detak jantung kita, perekat keutuhan bangsa dan negara. Saya Jokowi, Saya Indonesia, Saya Pancasila, kalau kamu?” demikian tulis Jokowi di akun Instagram pribadinya, Senin (29/5).

Untuk memperingati hari lahir Pancasila pemerintah menggelar serangkaian kegiatan yang terangkum dalam ‘Pekan Pancasila’ yang diselenggarakan mulai 29 Mei hingga 4 Juni 2017. (jurnalpolitik) 
Post a Comment

Post Top Ad