Petani Deliserdang Sangat Merasakan Ambruknya Harga Cabai - KARO GAUL

Karo Gokil

Post Top Ad

1 June 2017

Petani Deliserdang Sangat Merasakan Ambruknya Harga Cabai


Riong Medan - Harga cabai yang kian semakin murah membuat petani di Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang tak bergairah, bahkan sebagian tanaman mereka terlantar akibat tidak punya dana untuk perawatan.

Sebagaimana yang disampaikan Ketua Kelompok Tani setempat, Yareli, mengatakan harga cabai ambruk justru menjelang Ramadhan. Harga terus anjlok dari Rp7000/kg ke Rp6000/kg.

"Hari ini harga cuma Rp. 5000/kg. Itu sebabnya, petani tak sanggup lagi menutupi biaya oprasional atau pestisida,"kata Yareli, Rabu (31/5/2017).

Yareli menambahkan, semakin turunnya harga cabai merah tersebut membuat kelompok tani yang dipimpinnya makin kelimpungan untuk menutupi biaya oprasional.

"Untuk biaya kutip saja harus membayar Rp 2.500/kg, belum lagi biaya perawatan dan pestisida," keluhnya.

Bedasarkan pemaparan Yareli, luas areal lahan cabai yang dikelola kelompok tani di desanya seluas 38 hekter. Dengan luas lahan sebesar itu, tentu membutuhkan biaya yang cukup besar.

"Ya mau gimana lagi, untuk beli pestisida sudah gak sanggup. Makanya kita biarkan saja," paparnya.


Sebagaimana pengamatan di lapangan, sebagian besar tanaman cabai petani sudah tak terurus. Justru tak sedikit diantaranya dibiarkan mengering begitu saja dipohonnya. (sipayo)
Post a Comment

Post Top Ad