Roy Fachraby Ginting : Soekarno Adalah Penggali Pancasila - KARO GAUL

Karo Gokil

Post Top Ad

1 June 2017

Roy Fachraby Ginting : Soekarno Adalah Penggali Pancasila


Tidak Pernah Soekarno Menyatakan diri Penemu dan Pencipta Pancasila...
Soekarno Adalah Penggali Pancasila... !!!

Hanya sekedar mengingatkan bahwa Soekarno amat berperan dalam tiga peristiwa yang terkait proses lahirnya Pancasila sebagai idiologi Bangsa kita hingga saat ini.

Pada tgl 1 Juni 1945 Soekarno menduduki posisi penting sebagai penyampai pidato, tgl 22 Juni 1945 sebagai Ketua Tim Sembilan yang melahirkan Piagam Jakarta dan tgl 18 Agustus 1945 sebagai Ketua PPKI yang mengesahkan Pancasila sebagai Dasar Negara dan selanjutnya dipilih secara aklamasi sebagai Presiden Republik Indonesia.

Dari uraian itu dapat disimpulkan, Soekarno tokoh pertama yang menyampaikan Pancasila sebagai dasar negara.

Ada tokoh lain yang berbicara tentang dasar negara, tetapi hanya Soekarno yang secara eksplisit menyampaikan gagasan tentang Pancasila, termasuk nama Pancasila.

Formulasi Pancasila yang disampaikan Soekarno 1 Juni 1945 telah melalui dinamika pembicaraan di antara founding fathers dirumuskan menjadi Pancasila seperti dikenal sekarang, yang tidak sama rumusan maupun urutannya dengan yang disampaikan Bung Karno pada 1 Juni 1945.

Peringatan lahirnya Pancasila 1 Juni seyogianya tidak lagi memasalahkan kontroversi yang diciptakan era Orba, tetapi lebih memusatkan perhatian tentang penerapan ideologi pada semua bidang kehidupan bangsa.

Saatnya kita semua berfikir bagaimana cara untuk meyakinkan seluruh komponen bangsa bahwa Pancasila adalah ideologi paling tepat bagi bangsa kita.

Pancasila telah terbukti dan teruji hingga saat ini mampu memberi tempat kepada semua agama, golongan, dan suku bangsa dalam keutuhan bangsa dan negara Indonesia tercinta.
Post a Comment

Post Top Ad