Powered by Blogger.

7 July 2017

Tag: ,

Benson Kaban : Mengenal Kopi Kerep Hingga Kopi Aren



KOPI AREN : "Sebuah produk minuman kesehatan yang bersejarah, punya prospek bisnis bagus dan bermasadepan". Kopi Aren merupakan merupakan sebuah inovasi historis yang kreatif yang mengkolaborasi produk hilir Kopi dan Aren.

Kopi Aren pada masyarakat Karo di kede Kopi nya dikenal dengan nama "Kopi Kerep", sebuah cara penyajian Kopi tanpa diaduk dengan gula, artinya gula terpisah dengan Gula Aren, gula "dikerep" (digigit) secara perlahan, Kopi Kerep merupakan seni meminum kopi pada masyarakat Karo tempo dulu.

Kopi Aren dalam usaha kreatif berbentuk Cafe; sebuah seni penyajian Kopi Orginal diseduh tanpa gula, akan tetapi Air bersih yang bisa dididihkan digantikan dengan Air Nira (Aren Asli) yang dididihkan dengan suhu tertentu dan diaduk bersama bubuk kopi tersebut. Cara tersebut akan menjadi item baru dalam seni penyajian kopi dan sekaligus sebagai refrensi bagi pelaku usaha cafe.

Kopi Aren pada era Industri kreatif adalah Perpaduan Bubuk Kopi Oginanal (100% Kopi Arabica) di Mix dengan Gula Aren Serbuk Atau gula Semut (Brown Sugar) dengan pengaturan perbandingan volume yang sudah disesuaikan.

Diproduksi melalui sebuah Industri yang standart internasional dalam berbagai macam kemasan. Sasaran pasar utamanya adalah pasar lokal dan layak untuk oleh-oleh wisatawan manca negara; Berastagi, Bukit Lawang, Danau Toba dan Bandara Internasional Kuala Namu adalah sarana untuk promosi produk Kopi Aren. Lebih rinci dan sistematis akan dibahas dalam edisi sistem pemasaran menyeluruh dengan berbasis entitas lokal sebagai sebuah ciri khass.

Sekilas tambahan tentang kopi dan Aren
Tanaman Aren dan Kopi memiliki persamaan dalam hal konservasi lingkungan, artinya kopi dan aren merupakan tanaman yang membuat alam lebih baik. sumber mata air akan lebih banyak, keanekaragaman hayati akan lebih terpelihara dan kesejukan udara akan kita diperoleh secara alamiah.

kopi dan Aren tumbuh baik di iklim tropis seperti Indonesia,Kopi dan Aren tidak tumbuh di Eropa dan Amerika Serikat, atau negara yang memiliki 4 musim iklim. Sementara Negera tersebut tidak bisa hidup tanpa Kopi, Di Eropa kopi sudah menjadi sejenis kebutuhan pokok.

Kopi merupakan tanaman yang cepat berproduksi (18 bulan), punya masa produksi panjang (diatas 10 tahun) dan berbuah sepanjang waktu serta dapat hidup berdamping dengan tanaman lain.

Kopi merupakan produk minuman yang abadi dan merupakan minuman papan atas dan paling populer sedunia. Kopi orginal akan sangat baik untuk kesehatan, yanki memperkuat daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina serta Produktifitas dalam bekerja.

Kopi pada era kekinian telah menjadi Trend dan Gaya termasuk dalam kalangan muda, terjadi pergeseran menanjak dibanding dekade sebelumnya.

Aren merupakan tanaman yang memiliki waktu produksi lama (diatas 6 tahun), akan tetapi memiliki waktu produksi panjang (diatas 10 tahun).

Produk turunan aren sangat banyak sekali, antara lain: 

A. Air Nira : 
1. Minuman Sergar, tanpa pengolahan dan proses alami.
2. Minuman Beralkohol, diolah dengan memasukkan "Raru", sejenis kulit Kayu pilihan, terjadi proses fermentasi, minuman tersebut populer disebut "Tuak" 
3. Dapat diolah menjadi Bahan energi yakni Bio Ethanol dan juga Alkohol. 
4. Bahan makanan, Medan terkenal dengan oleh-olehnya bernama Kue Bika Ambon, bahan baku utamanya adalah Aren segar. 
5. diolah menjadi Gula Aren, baik Gula Dalam bentuk kepingan dan Gula Semut atau gula serbuk, dll


B. Daun
- Lidi untuk kebutuhan industri, selain untuk sapu
- untuk pembungkus makanan
- sebagai property dalam kebudayaan. Dll

C. batang
- didalam unsur inti batang ada Sagu, memiliki unsur karbohidrat yang tinggi.
- usur keras pelindung inti merupakan kayu yang memiliki kualitas baik, selain keras memiliki kualitas yang baik. Cocok untuk kebutuan bangunan, termasuk untuk industri Mebel. Pada masayaraat Karo, disebut dengan Istilah "Panggoh", digunakan sebagai mata pisau untuk Bajak, sebuah alat pertanian untuk membersihakan lahan sawah dan digunakan sebagai kayu dasar dari lantai rumah panggung atau rumah adat Karo, digunakan sebagai tangkai Kampak dan peralatan lainnya untuk menebang kayu. 

D. Akar
Sangat baik untuk kebutuhan obat-Obatan, yakni untuk obat sakit perut dan dalam pengolahan tertentu bisa menjadi obat penambah stamina bagi pria dewasa, sejenis obat kuat. 

E. Ijuk
Ijuk merupakan pelapis batang dan berciri berserat rapi, keras dan berwarna hitam. Ijuk memiliki banyak fungsi, tidak hanya untuk peralatan sejinis sapu saja, Ijuk bisa menjadi Atap yang baik, Ijuk juga bisa dibuat menjadi tali, ijuk juga sangat baik digunakan untuk menyaring air untuk mendapatkan kualitas air bersih dan banyak orang tidak tau Ijuk digunakan untuk foundasi pembuatan landasan pacu bandara, lapangan bola dan lapangan tennis. Dalam masyarakat Karo, Ijuk digunakan sebagai bahan baku utama membuat rumah, Selain menjadi atap, Ijuk digunakan sebagai anti gempa, yakni ijuk sebagi antara antara batu tiang foundasi dan tiang kayu, ijuk juga digunakan sebagai pengikat kayu dan papan, orang Karo menggunakan papan sebagai dinding rumah tanpa menggunakan sebatang paku, tali ijuk pengikat papan dinding rumah disebut "pengeret-ret". 

F. Buah
Buah aren disebut sebagi kolang-kaling, banyak digunakan untuk bahan baku makanan. Buah aren pilihan merupakan juga media untuk perkembangbiakan atau pemuliaan tanaman Aren.

Kesimpulannya, Kopi dan Aren sebagai sebuah produk insustri Kolaborasi yang baik juga merupakan jenis tanaman yang sangat cocok digabungkan dalam satu perladangan atau perkebunan, bonusnya ladang tersebut akan menjadi kawasan Agrowisata yang layak jual. Dengan demikian kita sudah ikut serta dalam menuntaskan program konservasi Nasional dan setidaknya kita sudah bertindak nyata untuk alam.

About willem andrea

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.