Detik - detik Lahar Hujan Sinabung Yang Menuju Dusun Bekerah Sukatendel



Detik - detik Lahar Hujan Sinabung Yang Menuju Dusun Bekerah Sukatendel
Sumber : Kita Kalak Karo

Riong Medan - Ada 16 rumah rusak akibat terjangan banjir lahar dingin dari Gunung Sinabung. Banjir terjadi di Desa Sukatendel, Kecamatan Tiga Nderket, Karo, Sumut. 

Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu mengatakan banjir terjadi Selasa (18/4) setelah hujan mengguyur puncak Gunung Sinabung sekitar pukul 13.00 WIB. Setelah itu pada pukul 14.45 WIB tiba-tiba air di sungai aliran lahar dingin di Sukatendel meluap membawa material bebatuan, pasir dan lumpur. 

"Sehingga menutup jembatan, mengakibatkan air membawa material dan lumpur keluar sungai menembus jalan raya dan menghantam perumahan di sekitar sungai dan menutup jalan raya," kata Letkol Agustatius kepada detikcom, Rabu (19/4/2017).

Agustatius yang juga Komandan Satgas Tanggap Darurat Erupsi Gunung Sinabung merinci ada 20 rumah yang terkena dampak banjir ini yakni 12 rumah rusak berat, 4 rumah rusak ringan dan 4 rumah terendam air, lumpur hingga bebatuan.

Pihaknya berkoordinasi dengan Dinas PU Kabupaten Karo untuk menurunkan alat berat untuk menormalisasi sungai. "Normalisasi sungai dan pembersihan rumah warga diperkirakan berlangsung selama dua hari. Lalu lintas yang tertutup akibat banjir sementara dialihkan melalui Desa Kuta Mbaru," terang Agustatius.

Dia mengimbau kepada warga yang berada di bantaran sungai untuk selalu waspada mengantisipasi terjadinya banjir susulan. 

"Empat puluh personel Kodim 0205/TK turun ke lapangan ketika banjir di Desa Sukatendel. Personel Kodim membantu mengevakuasi warga dan barang-barang ke balai pertemuan atau Jambur Desa Sukatendel untuk mengungsi sementara. Personel juga ikut membantu membersihkan rumah warga dan memberikan bantuan logistik," terang Agustatius.


Note : Artikel ini sebelumnya sudah dipublikasi Detik.com

Pages