Powered by Blogger.

10 August 2017

Tag:

Ada 6 Tips Untuk Menjadi Pribadi Yang Karismatik, Apa Sajakah Itu ?


Karo Gaul - Seseorang dinilai karismatik karena audiens tertarik sepenuhnya untuk mendengarnya dan berbicara dengannya. Daya tarik sebesar ini hanya bisa muncul jika individu ini juga memberi perhatian serupa. Bayangkan saja jika seseorang sedikit-sedikit teralihkan perhatiannya atau terus mengecek ponsel ketika bicara dengan Anda. Apakah Anda masih ingin berbincang dengannya?
    
Karisma sering dianggap sebagai satu karakteristik bawaan lahir: tidak semua orang memilikinya, you either have it or you don’t. Meski begitu, kemampuan untuk membuat audiens seakan “tersihir” ketika Anda masuk ruangan atau berbicara ini tidak hanya diatribusikan pada pemimpin dunia, CEO perusahaan ternama atau selebritis, individu manapun bisa memilikinya.

Menurut Emma Seppälä, psikologis dari Stanford University, karisma adalah karakteristik yang bisa dibangun, bukanlah talenta bawaan lahir. Tuturnya, kunci untuk membangun karisma adalah dengan memberi perhatian penuh pada audiens Anda. Disadur dari kolomnya di Business Insider, berikut sejumlah aspek yang perlu Anda kultivasi.

1. Punya rasa empati
Empati adalah kemampuan untuk melihat satu hal dari sudut pandang orang lain dan memahami perasaan mereka. Untuk mampu berempati dan menempatkan diri di posisi audiens Anda, Anda tentu perlu terlebih dulu fokus ketika bicara dengan mereka. Percayalah, setiap orang pasti senang jika diberi perhatian penuh.
Dengan menunjukkan kalau Anda menuangkan semua perhatian Anda pada audiens, Anda akan membangun rasa ketertarikan yang disebut di atas.

2. Kemampuan mendengarkan yang baik
Mendengarkan dengan baik bukan sekedar menyerap informasi berupa gelombang suara. Seorang pendengar yang baik juga mampu fokus untuk menangkap makna dari ucapan verbal maupun nonverbal lawan bicaranya.
Jika Anda sedikit-sedikit teralihkan perhatiannya atau hanya memikirkan cara menjawab untukmembuatnya terkesan, ini berarti Anda tidak benar-benar mendengarkan lawan bicara.

3. Menjaga kontak mata
Kontak mata adalah salah satu bentuk komunikasi paling halus sekaligus paling bermakna. Riset menemukan bahwa ketika Anda mengalihkan pandangan mata ketika berbincang, secara instingtif, lawan bicara juga akan merasa perhatian Anda teralihkan.

Jika Anda mempertahankan kontak mata selama sesi bicara atau presentasi, Anda akan membangun koneksi lebih mendalam dengan audiens Anda. Digabung dengan empati dan kemampuan mendengar yang baik, komunikasi yang menyertakan kontak mata akan membuat audiens merasa mendapat perhatian penuh dari Anda.

4. Antusiasme
Antusiasme adalah satu perasaan yang sulit dipalsukan dan umumnya hanya bisa terjadi ketika Anda benar-benar tertarik dengan apa yang diucapkan lawan bicara. Ketika Anda antusias, Anda cenderung lebih responsif dalam interaksi.
Tidak ada banyak cara untuk tampak pura-pura antusias. Namun jika Anda tidak sepenuhnya mendengarkan, rasa antusiasme Anda tentu tidak akan terasa autentik.

5. Percaya diri
Ketika Anda terlalu fokus membuat lawan bicara terkesan atau memikirkan jawaban yang tepat, Anda bisa tampak gugup dan fake. Bagaimana tidak, Anda sibuk memperhatikan diri sendiri alih-alih orang di hadapan Anda.
Jika Anda kalem saja dan lebih memperhatikan isi ucapan lawan bicara. Anda akan memberi kesan bahwa Anda percaya diri dan tidak terlalu mengkhawatirkan persepsi orang lain. Siapa yang tidak suka berinteraksi dengan individu seperti ini?.

6. Piawai memilih kata-kata
Piawai memilih kata tidak hanya terbatas memiliki kosa kata kaya, tapi juga paham isi pesan dan pilihan kata apa yang sesuai untuk berbagai jenis audiens berbeda.
Kemampuan ini hanya bisa Anda miliki jika Anda memahami latar belakang audiens. Dengan begitu, Anda barulah bisa menyampaikan pesan yang diterima secara luas.
(Qerja)

About willem andrea

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.