Baju Adat Nias, Baju Adat Daerah Terbaik HUT RI ke-72


Riong Medan - Ada yang berbeda dari sebelumnya pada acara peringatan HUT Kemerdekaan di Istana Negara pada hari ini. Mulai dari Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla, para menteri, para pejabat lembaga tinggi negara hingga anggota Paspampres menggunakan kostum tradisional dari berbagai daerah atau dari daerah asal masing-masing. 

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengenakan kostum adat dari daerah Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Ibu Negara Iriana Jokowi dan istri Wapres Ibu Mufidah Kalla mengenakan baju adat Minangkabau. Sedangkan Wapres Jusuf Kalla menggunakan kostum adat Bugis dari daerah Sulawesi Selatan. Mantan Presiden B. J. Habibie menggunakan kostum jas Tutu dari Bugis, mantan Presiden SBY menggunakan pakaian adat Palembang dan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri menggunakan baju kebaya Jawa.

Yang menarik, rupanya pemakaian kostum tradisional itu juga dinilai oleh tim juri yang disiapkan oleh Istana Negara. Di sela acara tersebut, Presiden Jokowi mengumumkan hasil penilaian baju daerah terbaik yang terdiri dari lima orang dengan kostum daerah terbaik. 

“Presiden telah memutuskan untuk melihat seluruh tamu undangan yang hadir dan pada kesempatan yang baik ini telah diputuskan oleh dewan juri pemenang yang memakai pakaian adat yang terbaik,” ujar Jokowi, Kamis (17/8/2017).

Kemudian, secara berturut-turut, Presiden Jokowi menyebutkan nama-nama terpilih dengan konstum daerah terbaik. Di urutan pertama adalah Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly yang menggunakan konstum tradisional Nias, khususnya dari Nias Selatan. Menteri Yasonna adalah satu-satunya dan menteri pertama dari Pulau Nias di kabinet Jokowi maupun dalam sejarah Indonesia sampai saat ini.

Kemudian disusul oleh Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang yang mengenakan pakaian adat khas Melayu, asisten ajudan presiden Syarif Muhamad yang mengenakan pakaian adat Dayak dari Kalimantan Barat. Lalu, istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Tri Karnavian, yang mengenakan pakaian adat Papua dihiasi rumbai pada bajunya. Dan kelima, Agati Sulie, istri Wakil Ketua MPR RI Mahyudin, yang mengenakan pakaian adat suku Dayak.

Yang mengejutkan, ternyata Presiden Jokowi telah menyediakan hadiah khusus berupa lima unit sepeda kepada para pemenang. Masing-masing mengambil sepedanya dan bahkan beberapa membawanya sambal menaikinya.

Kostum tradisional Nias Selatan yang didominasi warna kuning, merah dan hitam yang menyolok juga menjadi pusat perhatian pada upacara hari lahir Pancasila yang pertama sekali dilaksanakan pada 1 Juni 2017 di gedung Pancasila, Kompleks Kementerian Luar Negeri yang dipimpin oleh Presiden Jokowi

Menteri Yasonna sendiri mendapatkan kostum adat Nias Selatan itu secara lengkap pada acara sambutan kehormatan ketika mengunjungi Desa Bawömataluo, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan pada 17 September 2016. Kunjungan itu merupakan kunjungan pertamanya dalam kapasitas Menteri.

Baik pada acara hari ini maupun pada acara 1 Juni, Menteri Yasonna tidak mengenakan lengkap perlengkapan baju tradisional tersebut, khususnya pedang khas Nias, Tologu dan tombak khas Nias, Toho karena alasan keamanan.

Presiden Jokowi mengatakan, pengenaan baju adat tradisional tersebut sebagai bagian dari upaya mengenalkan bahwa Indonesia kaya dengan budaya dan juga memiliki beragam suku bangsa.

Pengenaan kostum adat tersebut mulai dilakukan oleh Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla pada persidangan paripurna MPR RI sehari sebelumnya, Rabu (16 Agustus 2017). Pada saat itu, Presiden Jokowi menggunakan kostum tradisional asal Bugis dan Wapres Jusuf Kalla menggunakan kostum tradisional Jawa Tengah. (niassatu) 

Post a Comment

Pages