Waspada !!! Gunung Sinabung meletus dengan tinggi kolom 4,2km. Awan panas 4.5km ke tenggara-timur. - KARO GAUL

Karo Gokil

Post Top Ad

2 August 2017

Waspada !!! Gunung Sinabung meletus dengan tinggi kolom 4,2km. Awan panas 4.5km ke tenggara-timur.


Riong Medan - Aktivitas erupsi GunungSinabung kembali terjadi. Gunung api di Kabupaten Karo Sumatera Utara ini, kembali meletus dan melontarkan abu vulkanik.

Laporan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Rabu 2 Agustus 2017, Gunung Sinabung kembali memuntahkan abu vulkanik hingga setinggi 4.200 meter.

Letusan abu vulkanik berwarna pekat ini, kata Sutopo, juga disertai oleh keluarnya awan panas. "Luncuran awan panas sejauh 4,5 kilometer ke Tenggara Timur," kata Sutopo di akun Twitter resminya.

Mengutip dari laporan Kebencanaan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, letusan Sinabung tercatat sebanyak tiga kali. Erupsi ini juga disertai guguran lava sejauh 1,6 kilometer.

Dalam laporan ini, juga disebutkan bahwa kondisi saat ini adalah telah terbentuknya penumpukan endapan di kawasan Bendungan Sungai Laborus. Sehingga, bisa membahayakan bagi warga.

Sebab, sewaktu-waktu ketika bendungan tidak mampu lagi menampung endapan, maka akan berpotensi banjir. "(Ada potensi) lahar, atau banjir bandang ke daerah hilir," tulis laporan tersebut. (asp) Viva 
Post a Comment

Post Top Ad