Powered by Blogger.

13 August 2017

Tag:

Willem A Sinuraya : 4 Hal Yang Membuatku Bangga Menjadi Orang Karo

Foto : Eazterr BiLink'z Cingoedaa
Saya bermerga Karo-Karo Sinuraya, dari merga saya orang Eropa pun tahu kalau saya orang Karo, hehehhe. Sebagai orang Karo sudah sepatutnya saya mencintai dan menyanjung tinggi akan ragam suku di Indonesia ini, yang salah satunya adalah suku saya sendiri.  

Dari karolah saya belajar banyak hal, saya bangga dan kagum akan adat istiadat Karo. Mungkin tak bisa ku ungkapkan satu per satu rasa bangga ku itu sama kalian. Tapi ada satu hal yang paling unik kurasa dari karakter orang Karo itu, seperti : “Gaya Mereka Berbicara”.

Dulu waktu SMA saya sering nangkrong di salah satu kede kopi kampungku, dan tak jarang pula kudengar berbagai perdebatan terjadi di kede kopi beratap daun kulit kelapa di kampungku itu, tapi yang paling sornya aku adalah cara debat Bapak2 di kede itu memang mantap, macam serius kali nampaknya, debatnya seperti debat Mata Najwa. Hihihihiihi.......

Selain hal-hal diatas ada beberapa hal lagi yang membuatku makin bangga menjadi orang Karo, coba kalian baca :

1. Identitas Orang Karo Itu Jelas
Kalo orang karo nanti katanya udah pasti punya merga, contohnya seperti saya yang bermerga Karo-Karo Sinuraya. Kenapa kubilang begitu ? karena berbicara tentang suku Karo sudah pasti ada kaitanya dengan Merga. Merga ini merupakan salah satu ciri khas dari suatu suku khususnya yang berada di wilayah Sumut ini, memang tak semua juga suku memiliki merga.

2. Orang Karo Itu Humorisnya Alami
Pada dasarnya orang Karo itu memang selalu membuat suasana ceria. Dulu waktu saya pertama kali ke Medan ini saya belum lancar2 kali bahasa indonesia, sering kali orang – orang tertawa melihat saya saat berbicara, kebetulan dulu saya bekerja di sebuah percetakan di Pasar 2 Pd. Bulan, sambil kuliah di salah satu kampus di Medan.

Tiap kali transaksi dengan pelanggan, kawanku selalu menertawakanku. Lalu ku tanyak sama kawan itu “ Kok kau selalu tertawa kalau aku lagi ngomong “ ku bilang sama kawanku marga sagala itu, lalu dia menjawab : “ Logat kau itu kental kali Pal”  katanya, (Aku pun tertawa dalam hati, iya juga ya pikirku)  kwkwkwk ... (logat Karo e Mekelek kin me).

3. Pantang Ikut Campur Urusan Orang
Dari dulu pun orang Karo itu kurang suka kalau ngurusin urusan orang lain. Kecuali kalau bukan masalah keluarga atau teman dekat. Dalam hal membela saudara atau keluarga, orang Karo paling nantang, walaupun terkadang salah tapi tetap saja dibelain. Inilah tandanya kalau suku Karo itu memang kompak.

4. PD dan Bertekat Juang
Rata2 merga Karo-karo itu memang Pemalu, seperti sayalah contohnya. Tapi saya punya kepercayan diri yang cukup tinggi (setinggi bukit kubu). Hehehheh

Selain PD orang karo juga terkenal dengan tekad juangnya, dalam menyelesaikan masalah tidah boleh setengah2 harus fix sampai ke akar (Adi lenga deng, lenga banci Man nina kin) hahahha. pantang menyerah lah pokoknya. 

Semoga artikel ini menghibur pembaca sekalian . . .

About willem andrea

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.