3 Tipe Orang Karo Di Perantauan



Karo Gaul - Orang Karo biasanya menghabiskan masa mudanya di tanah perantauan. Ada dua alasan mengapa anak muda Karo merantau yaitu melanjutkan pendidikan maupun bekerja.
Berikut ini pengelompokan perantau Karo jika dilihat dari monentum pulang kanpungnya.



1. Religius
Perantau religius ini biasanya pulang kampung untuk merayakan hari besar keagamaan seperti Natal dan Lebaran bersama keluarga. Perantau tipikal yang satu ini memang paling banyak. Jadi jangan heran ketika perayaan hari besar keagamaan, khususnya Natal, kampung-kampung di Tanah Karo dipenuhi para perantau.



2. Oportunis 
Tipe perantau oportunis ini biasanya pulang kampung menjelang pesta tahunan (kerja tahun). Kenapa dibilang oportunis? Perantau yang pulang saat pesta tahunan tujuannya tak jauh dari perburuan kuliner yang serba enak. Syukur-syukur saat ke jambur menyaksikan gendang guro-guro aron bisa dapat gebetan. Oportunis banget kan?



3. Idealis 
Perantau idealis ini biasanya memegang teguh semboyan pemburu Karo yakni "Mela mulih adi la rulih" (Malu pulang sebelum berhasil). Adakalanya sukses di perantauan belum berhasil diraih sehingga perantau idealis ini jadi enggan untuk pulang kampung. Ini hanyalah analisis pandangan mata saja dan tak perlu ditanggapi terlalu serius.
Kira2 kam tipe perantau yang mana ? 😁

Pages