Powered by Blogger.

27 September 2017

Tag:

Landek Lima Serangke atau Tari Lima Serangkai ?



Tari ini diperkirakan ada sekitar tahun 1960an, tari ini hanya terdapat pada desa yang memiliki kelompok pemusik (sierjabaten). jika kelompok pemusik tidak ada di desa tersebut maka mustahil ada tarian ini. logikanya pada masa itu tidak ada perangkat pendukung untuk belajar tari kalo tidak ada kelompok pemain musik.
Tahun 1965 dibuatlah perlombaan tarian ini di Seberaya, dan perserta berasal beberapa desa saja, sebab setiap peserta harus membawa kelompok pemain musiknya sendiri untuk mengiringi mereka menari. dan sebagai keputusa juri pemenang juara I adalah desa Bunuraya, juara II adalah Desa Lingga. tapi ada koplain antara peserta, juri dan panitia, sehingga harus dibuat Runggu. akhirnya kesepakatan pun tercapai dengan baik. gelar juara tidak berubah, tapi hadiah ditukar, hadiah juara I diserahkan kepada Juara II, begitu sebaliknya.
Hadiah pertandingan pada masa itu adalah Kerbau jantan, desa Bunuraya dan Desa Lingga menempatkan Kepala kerbau di Losd desa. sampai 20thn lebih kepala kerbau itu menggantung di losd desa sebagai bentuk kebanggan tertinggi.
saat ini tarian ini malah menuai kontroversi sesama tokoh musik dan tari. mereka saling mengkalim tentang kebenaran gerak dari tarian ini. 
bahkan ada yg menyatakan kalo tarian ini adalah ciptaannya. dari pengalaman mengikuti beberapa festival dan pertunjukan Landek Lima serangke. tergerak untuk menginvestigasi langsung para penari atw saksi hidup pada masa perlombaan tahun 1965.

hasilnya memuaskan, membuat kami tidak pernah lagi berniat untuk ikut perlombaan landek lima serangke, sebab tidak akan bisa lagi menang. buat para pelatih landek Lima serangke, kalo mau jUara, ikuti saja kemauan juri... selesai...
Penulis : Simpei Sinulingga

About willem andrea

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.