Hadiri Beramai-ramai ! Pelantikan HMKI Langkat serta persembahan Pagelaran Budaya Karo


Riong Medan - Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Langkat akan dilantik, Minggu 12 November 2017. Pelantikan itu juga akan dirangkai dengan pagelaran budaya. “Sebagai salah satu suku bangsa di Indonesia, masyarakat Karo harus berperan aktif menjaga dan melestarikan budaya serta kearifan lokalnya agar tetap bisa diwariskan kepada generasi muda masyarakat Karo.

Makanya kita berinisiatif berhimpun dalam wadah bernama Himpunan Masyatakat Karo Indonesia Langkat,” kata Meidi Kembaren, Kamis (9/11/2017), jam 17.00 Wib. Menurutnya, tanggungjawab inilah yang diambil sekaligus diemban oleh HMKI untuk mengembalikan semangat dan kejayaan masyarakat Karo dalam kearifan dan keanekaragaman suku bangsa yang ada di Nusantara.

Kegelisahan ketika kaum muda tak mau lagi peduli dan mencintai budayanya terkhusus budaya karo. HMKI menilai bahwa saat ini diperlukan untuk memperkenalkan sejarah dan budaya sendiri kepada kaum muda Karo, sehingga regenarasi budaya masyarakat Karo berjalan seiring waktu dan tak lekang di tengah arus globalisasi saat ini. “Dalam acara pelantikan tersebut, kita akan mempersembahkan Pagelaran Budaya Karo agar dapat memberikan edukasi dan hiburan bagi masyarakat, khususnya generasi muda Karo dengan artis ibukota diantaranya Denana, Fey Ryaz. Sedangkan artis karonya Esahati Ginting, Averiana Barus dan Syahdat Surbakti,” ungkapnya lagi.

Selain itu Menurut Gema Kristo Tarigan (Sekretaris DPC HMKI Langkat), HMKI selama ini dikenal sebagai perkumpulan masyarakat Karo yang berperan aktif menjaga dan melestarikan seni dan budaya. “Dengan demikian keberadaan HMKI di Kabupaten Langkat dipadang penting sebagai wadah untuk menjaga seni dan budaya Karo sebagai salah satu warisan budaya nasional,” ujarnya.

Selain Pagelaran Budaya, acara ini akan dimeriahkan dengan Bazar dan Kuliner etnis Karo serta Nusantara. Pagelaran Budaya Karo akan mempersembahkan penampilan seperti Gundala-gundala, Ndikar, Gendang Bingei, dan pameran kuliner Karo.

Sementara Alex C Ginting, selaku Ketua Panitia Pelantikan MHKI Langkat mengatakan, acara ini akan berlangsung di Terminal Selesai, Langkat yang juga dihadiri oleh DPP HMKI, Edy Ramon Torong, Minola Sebayang dan Ketua DPD HMKI Sumut Ruben Tarigan, yang diperkirakan akan dihadiri sekitar 3.000 pengunjung.
Post a Comment

Pages